100 Wirausahawan Muda Solsel Ikuti Pelatihan Motivasi

Selasa, 15 Mei 2018, 23:35 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
100 Wirausahawan Muda Solsel Ikuti Pelatihan Motivasi
Sekretaris Daerah Solok Selatan, Yulian Efi memberikan sambutannya di hadapan pada calon wirausaha baru pada kegiatan motovasi calon pengusaha baru yang digelar Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan, Senin (14/5/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Setdakab Solsel, gelar pelatihan motivasi kepada 100 calon wirausaha muda, di wisama Umi Kalsum, Muara Labuh, Senin (14/5/2018). Hal ini dilakukan, agar setiap tenaga kerja dapat bekerja secara kompeten, profesional dan produktif.

Bupati Solok Selatan diwakili Sekretaris Daerah, Yulian Efi mengatakan, berdasarkan data badan pusat statistik per Desember 2017 tingkat pengangguran terbuka Solok Selatan 5,54 persen dengan tingkat partisipasi angkatan kerja 69,19 persen.

"Itu berarti, Pemkab Solok Selatan memiliki tugas berat dalam hal mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan," ungkap Yulian Efi.

Untuk mengurangi beban tersebut, berbagai upaya dilakukan Pemkab di antaranya dengan melahirkan pengusaha-pengusaha baru. Di antaranya memberikan pelatihan dan motivasi bagi wirausaha muda di Solok Selatan. Dengan demikian, akan mampu menyerap tenaga kerja baru di daerah itu.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

Melalui pelatihan ini, dia berharap, dapat menjadi momentum bagi wirausaha muda di Solok Selatan untuk mengembangkan potensi diri sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

Sementara itu, Kepala Disnakertran, Basrial menyebutkan, pelatihan motivator bagi wirausaha muda di Solok Selatan ini merupakan yang kedua kali diadakan, dengan pembicara Royke Sahetapy.

Untuk pelatihan yang kedua ini, katanya, merupakan kelanjutan dari yang pertama yang dilakukan pada tahun lalu. Dengan peserta sebanyak 100 orang yang memang punya minat dan bakat dalam wirausaha yang berasal dari tujuh kecamatan yang ada di Solok Selatan.

Diharapkan, 50 persen dari peserta pelatihan bisa menjadi pengusaha-pengusaha baru yang telah terlatih dan siap bersaing di Solok Selatan. Sehingga, bisa membantu pemerintah daerah dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengurangi angka pengangguran kerja di Solok Selatan. (rls)

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: