Kotaku akan Ciptakan Objek Wisata Baru Kota Padang, Alex: Batang Arau Ini Daerah Unik

Selasa, 08 Mei 2018, 19:17 WIB | News | Kota Padang
Kotaku akan Ciptakan Objek Wisata Baru Kota Padang, Alex: Batang Arau Ini Daerah Unik
Anggota Komisi V DPR RI, Alex Indra Lukman saat meninjau kawasan Batang Arau, Ahad (6/5/2018). Di kawasan itu, Alex mendorong Program Kotaku untuk menjadikan kawasan tersebut ikon wisata baru Kota Padang. (istimewa)

VALORAnews - Kelurahan Batang Arau mendapatkan kucuran dana sebesar Rp25 miliar melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di tahun anggaran 2018 ini. Dana itu nantinya akan digunakan untuk melakukan penataan kawasan yang ada di sepanjang aliran Batang Harau hingga ke muara sungai. Alokasi ini merupakan yang terbesar di seluruh daerah di Indonesia, yang jadi penerima program Kotaku.

Demikian dikatakan Anggota Komisi V DPR RI, Alex Indra Lukman saat meninjau lokasi pengerjaan Program Kotaku di Kelurahan Batang Arau, Ahad (6/5/2018). Alex tampak didampingi sejumlah pejabat dari Kementrian PU PR dan terkait lainnya baik ditingkat provinsi maupun kota.

"Batang Arau ini memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh kota-kota lain di Indonesia. Kawasan ini mempertemukan laut, sungai, gunung dan kota. Hal ini perlu penataan, sehingga saya meminta Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk menata lewat program Kotaku, sehingga nanti jadi kawasan wisata baru di ibu kota provinsi Sumbar ini," terang Alex seputar konsep yang digagas melalui program Kotaku itu.

Dikatakan Alex yang juga pimpinan fraksi PDI Perjuangan DPR RI itu, program ini nantinya akan menata dan mempercantik kawasan Batang Arau. Mulai dari perbaikan jalan, trotoar, drainase hingga sanitasi. Selain itu, juga dibuat taman-taman tempat bermain bersantai dan areal pedagang UMKM dan kuliner. Juga ada panggung untuk pergelaran seni budaya, areal untuk kegiatan olahraga serta parkir yang memadai.

Baca juga: PDI Perjuangan Raih 1 Kursi DPR RI dari Sumatera Barat, Alex: Mohon Doa dan Kritiknya

"Ini adalah salah satu implementasi kebijakan Bapak Presiden RI, Joko Widodo untuk membuka kawasan ekonomi baru, di mana dengan menjadikan kawasan ini sebagai tempat wisata, tentu akan berdampak kepada terbukanya lapangan pekerjaan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi," tambah Ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar ini.

Tahap awal, pembangunan akan dimulai dari lokasi di bawah jembatan Siti Nurbaya hingga ke ujung jalan menuju Gunung Padang.

"Saat penataan kawasan ini tuntas nantinya, saya berharap pada masyarakat agar bisa merawat dan menjaga serta memanfaatkan kawasan ini semaksimal mungkin," harap dia.

"Saya juga meminta pada pemerintah daerah, untuk mengawasi secara ketat pemanfaatan kawasan ini sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegasnya.

Baca juga: Muhammadiyah Sumbar Terima H Alex Indra Lukman

Di tahun anggaran 2018 ini, Program Kotaku juga akan dilaksanakan di kelurahan Dadok Tunggul Hitam, kecamatan Koto Tangah. Kedua program yang ikut didorong Alex Indra Lukman ini, dijadwalkan akan rampung akhir November 2018. (rls)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: