Ponpes Tarbiyah Batang Kabung Dibantu Rusunawa Senilai Rp6,8 Miliar

Senin, 07 Mei 2018, 17:30 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Ponpes Tarbiyah Batang Kabung Dibantu Rusunawa Senilai Rp6,8 Miliar
Pimpinan Ponpes Tarbiyah Batang Kabung dibawah YP2TI, meletakan batu pertama pembangunan Rusunawa di komplek Ponpes itu, Senin (7/5/2018). (sat kari mudo/valoranews)

VALORAnews - Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah (YP2TI) Batang Kabung mendapat bantuan Rusunawa dari Kementrian PU PR pada tahun anggaran 2018 ini. Rusunawa dengan dua lantai ini, akan berdiri di atas tanah seluas 3000 meter di komplek Ponpes yang berada di Kecamatan Koto Tangah, Padang.

"Nantinya, Rusunawa ini akan bisa menampung 124 santri perempuan. In Shaa Allah, pembangunan Rusunawa ini akan selesai November 2018 mendatang," ungkap sekretaris YP2TI, Dafril kepada wartawan usai peletakan batu pertama, Senin (7/5/2018).

Dalam sambutannya, Dafril mengungkapkan, rencana pembangunan asrama ini merupakan impian sejak Mei 2016 lalu. "Akhirnya, hari ini, mimpi kita bersama jadi kenyataan. Kami segenap pengurus YP2TI mengucapkan terimakasih yang sebesar kepada semua pihak yang telah membantu untuk mewujudkan mimpi kami ini," ujar Dafril.

Dikisahkan Dafril, pada Mei 2016 lalu, YP2TI menemui Wakil Walikota Padang, Emzalmi untuk menyampaikan rencana pembangunan asrama di Ponpes ini. "Ketika itu, kami melihatkan poto bangunan asrama yang jauh dikatakan layak untuk ditempati santri, ke Pak Emzalmi," kisahnya.

Baca juga: BWSS V Identifikasi Tumpukan Sisa Material Erupsi Gunung Marapi di Nagari Pandai Sikek Jarak 3 Km

"Beliau tersentuh hatinya melihat bangunan asrama kami. Lalu, beliau langsung menelpon Kadis PU Padang. Beliau meminta untuk dialokasikan anggaran untuk pembangunan asrama bagi Ponpes ini. Namum, pada 2016 hingga 2017, anggaran untuk pembangunan Tusunawa ini ternyata tidak bisa dialokasikan karena terbentur soal kewenangan," tambahnya.

Dikarenakan anggaran yang tidak kunjung ada dari Pemko Padang, terang Dafril, akhirnya YP2TI memberanikan diri untuk menyampaikan aspirasi ke Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Alex Indra Lukman. Ketika itu, terangnya, kedatangan YP2TI disambut baik.

"Pak Alex, waktu itu langsung menelpon Mentri, Dirjen dan Kadis PU Provinsi Sumbar soal penganggaran pembangunan Rusanawa di Ponpes kami ini. Kemudian, 15 hari setelah itu, Bapak Alex Indra Lukman turun dengan tim beliau ke Ponpes kami sembari mengatakan, anggaran untuk pembangunan Rusunawa telah disetujui," terang Dafril.

Anggaran untuk pembangunan Rusunawa ini dialokasikan sebesar Rp5,5 miliiar. Rencananya, akan ada penambahan lagi sebesar Rp1,3 miliar lagi karena adanya penyesuaian konstruksi bangunan. "Atas perjuangan Bapak Alex Indra Lukman beserta tim dalam mewujudkan mimpi ini, kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya," terang dia.

Baca juga: Banjir Bandang di Agam, SDN 03 Koto Tuo Rusak Parah, 182 Siswa Terpaksa Menumpang Belajar

Terpisah, Alex Indra Lukman berharap, dengan adanya Rusunawa di YP2TI ini, bisa dimanfaat sebaik-baiknya. "Saya berharap, YP2TI Batang Kabung tidak hanya sebagai pusat pendidikan, tetapi sekaligus sebagai pusat kebajikan bagi masyarakat di sekitarnya, untuk menunjukkan Islam adalah agama yang rahmatan lil 'alamin," harap dia.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: