Andrinof akan Kupas Kewirausahaan Sosial di UIN IB dan ISI Padangpanjang

Minggu, 06 Mei 2018, 23:32 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Andrinof akan Kupas Kewirausahaan Sosial di UIN IB dan ISI Padangpanjang
Komisaris Utama BRI, Andrinof A Chaniago. (istimewa)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Komisaris Utama BRI, Andrinof A Chaniago dijadwalkan melaksanakan kuliah umum di dua perguruan tinggi di Sumatera Barat. Kuliah umum pertama dilaksanakan di kampus Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang, Rabu (9/5/2018), kemudian di ISI Padangpanjang, Jumat (11/5/2018).

Pada kuliah umum itu, Mantan Menteri PPN/Kepala Bappenas itu akan berbicara tentang Menumbuhkan Kewirausahaan Sosial dan Ekonomi Kreatif (termasuk dari sudut pandang Islam).

"Masyarakat Sumatera Barat memiliki keunggulan secara sosial, sehingga tinggal sedikit lagi untuk memperkuat jiwa kewirausahaannya," ungkap Andrinof A Chaniago dalam siaran pers yang diterima, Ahad (6/5/2018).

Beberapa keunggulan masyarakat Sumatera Barat, terangnya, memiliki toleransi yang cukup kuat, budaya gotong-royong yang masih ada, Adat Basandi Syarak dan Syarak Basandi Kitabullah serta empati.

Baca juga: BRI Cabang Painan Salur Beasiswa ke Murid SDN di Linggo Sari Baganti

"Tinggal diperkuat dengan keinginan yang kuat, lalu melihat keinginan pasar dan memperhatikan perkembangan global," kata Andrinof yang dihubungi via pesan whatsapp.

Dikatakan Andrinof, kewirausahaan sosial merupakan paduan dari dua cita-cita dalam hidup. Pertama, meningkatkan kesejahteraan secara material, memproduksi suatu barang dan jasa, lalu mendapatkan keuntungan. Kedua, memecahkan masalah sosial bagaimana menghadapi ketimpangan, menyediakan lapangan pekerjaan dan menciptakan harmoni dalam berbangsa dan bernegara.

"Kita boleh terus mengejar keuntungan, tapi jangan sampai ada satu titik dimana peningkatan kesejahteraan itu membuat penurunan kesejahteraan kelompok lain," katanya.

Andrinof juga mengatakan bahwa wirausaha sejati itu adalah orang yang mau mengambil resiko, inovatif, dan berfikir kedepan. Tujuan akhir dari wirausaha sosial adalah hidup bahagia.

Baca juga: Kapolda Sumbar Mengonfirmasi Keterlibatan 2 Anak Buah di Perampokan Mobil Jasa Pengisian ATM BRI, Dalangnya masih Didalami

"Kewirausahaan sosial adalah jalan untuk hidup bahagia," ujar akademisi Universitas Indonesia ini.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024