Alirman Sori Bangkitkan Gairah Politik dengan Ngopi Bareng

Minggu, 06 Mei 2018, 16:13 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Alirman Sori Bangkitkan Gairah Politik dengan Ngopi Bareng
Ketua DPRD Pesisir Selatan 2004-2009 ini, Alirman Sori (tengah) Ahad (6/5/2018), memberikan keterangan pers terkait kegiatan Ngopi Bareng Also yang akan digelar secara reguler sepanjang 2018 ini. (tusrisep/valoranews)

VALORAnews - Melalui gelaran diskusi bertajuk 'Ngopi Bareng,' Alirman Sori memancing gairah berpolitik masyarakat. Sistem demokrasi yang berlaku di Indonesia menuntut masyarakat untuk cerdas dalam berpolitik.

Alirman Sori, tokoh politik Sumatera Barat asal Kabupaten Pesisir Selatan sangat memahami, pemilih yang cerdas akan menghasilkan pemilihan umum yang berkualitas.

"Sebagai negara demokrasi, masyarakat harus diberi penguatan pemahaman berpolitik. Masyarakat yang cerdas akan menghasilkan pemilu yang berkualitas," kata Ketua DPRD Pesisir Selatan 2004-2009 ini, Ahad (6/5/2018).

Dalam sistem pemilu yang berlaku di Indonesia saat ini, lanjutnya, masyarakat seharusnya menjadi subjek bukan sekadar objek. Kekuasaan politik tertinggi berada di tangan rakyat.

Baca juga: Alirman Sori Himpun Masukan RUU Otoda, Memperjelas Definisi Pemerintahan dan Pejabat Daerah jadi Usulan

"Rakyat yang menentukan kemana arah perjalanan bangsa ini," bebernya.

Gagasan diskusi melalui 'ngopi bareng' sendiri menurut anggota DPD RI periode 2009-2014 ini, berangkat dari kebiasaan masyarakat yang sudah jadi tradisi. Anggota masyarakat terutama kaum laki-laki, biasanya memanfaatkan waktu luang di warung kopi. Sembari menyeruput kopi, terjalin interaksi sosial, saling berkomunikasi dan berdiskusi.

"Ini jadi kekhasan masyarakat sejak dulu, inilah yang menginspirasi," ujarnya.

Penguatan daerah untuk kemajuan negara menjadi topik diskusi yang akan digelar di Coffee n Cafe Single Origin Painan, Senin (7/5/2018) malam. Diskusi akan melibatkan berbagai kalangan, mulai dari kelompok masyarakat dan pemuda, kalangan mahasiswa, pegiat sosial dan unsur lainnya.

Baca juga: PEMILU 2024, Alirman Sori: Sistem Pemilihan Tanpa Edukasi, itu Nothing !

Anggota Lembaga Pengkajian MPR RI ini berharap, diskusi tersebut memberikan output pencerdasan kepada masyarakat sekaligus input untuk kajian politik dan demokrasi bangsa ini ke depan.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: