Solsel Dikungkung Ancaman Vulkanis dan Geologis

Kamis, 26 April 2018, 21:33 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Solsel Dikungkung Ancaman Vulkanis dan Geologis
Ratusan pelajar TK, SD dan SMP saat mengikuti simulasi bencana dalam peringatan Hari Kesiagaan Bencana (HKB) yang belangsung di Kecamatan Sungai Pagu, Kamis (26/4/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Selain memiliki potensi alam yang berdampak untuk pembanganunan dan peningkatan ekonomi, Solsel juga memiliki potensi bencana. Secara kajian ilmiah, laju pergerakan wilayah yang berada pada patahan Semangka ini tujuh cm pertahun, jika terjadi pergerakan patahan yang cukup besar, maka akan berpotensi menimbulkan gempa bumi," katanya.

Lalu, sambung dia, dari sisi vulkanologis, Solsel terletak dekat di kaki gunung berapi yang masih aktif yakni Gunung Kerinci. Jika terjadi aktivitas vulkanik gunung api aktif tertinggi di Asia Tenggara tersebut maka akan berdampak besar bagi wilayah Solsel.

"Berdasarkan kacamata itu, diharapkan peringatan HKB ini dapat dijadikan kegiatan untuk membudayakan latihan secara terpadu, terencana dan berkesinambungan guna meningkatkan kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat menuju Solsel tangguh bencana," pungkasnya.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5.0 Goncang Mentawai, Ini Analisis Kapus Gempabumi dan Tsunami BMKG

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten I, Fidel Efendi. Staf ahli, Putra Nusa. Kadis Perpustakaan dan Arsip, Yulasri. Kepala Dishub, Armenses. Kadis Kesehatan Solsel, Novirman. Plt Kadis Satpol PP dan Damkar, Hamdinas dan pejabat lainnya dilingkungan Pemkab Solsel.(rls)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: