Bulog Salurkan Rastra untuk Tiga Daerah Tersulit di Solsel

Kamis, 26 April 2018, 08:57 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Bulog Salurkan Rastra untuk Tiga Daerah Tersulit di Solsel
Beras Sejahtera (Rastra), siap untuk didistribusikan pada tiga nagari sulit yang ada di Solok Selatan. Satu-satunya transportasi yang digunakan yakni perahu motor tempel yang biasa disebut warga sekitar tempek. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bulog bersama Pemerintah Daerah Solok Selatan, menyalurkan Beras Sejahtera (Rastra) daerah sulit untuk empat bulan kedepan. Hal ini dilakukan, karena didaerah itu terdapat kendala pendistribusian.

"Karena sulitnya akses ke tiga nagari di daerah sulit itu, makanya Bulog langsung menyalurkan untuk empat bulan," kata Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari Solsel, Dicky Nanda Utama.

Tiga daerah sulit tersebut yaitu Nagari Lubuak Ulang Aling 69 KPM, Lubuak Ulang Aling Tengah 66 KPM dan Lubuak Ulang Aling Selatan 33 KPM.

Penyaluran Rastra ke tiga nagari tersebut, bukan hanya menggunakan transportasi darat tetapi juga harus menyeberangi Batang Hari menggunakan perahu mesin tempel.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

Penerima Rastra Solok Selatan pada 2018 masih sama dengan 2017 yaitu sebanyak 8.269 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran Rastra untuk tiga nagari tersebut berasal dari gudang Solok, bukan lagi dari Sijunjung sesuai tugas masing-masing.

Pada Rastra 2017, tiga nagari tersebut menunggak uang penebusan sekitar Rp40 juta karena pendistribusian kelokasi tersebut juga telat.

Kepala Sub Bagian Bina Produksi Bagian Ekonomi dan Sumber Daya Alam Setdakab Solok Selatan, Doni Hendra menambahkan, tunggakan tebusan Rastra ada di Nagari Lubuak Ulang Aling, Lubuak Ulang Aling Tengah dan Lubuak Ulang Aling Selatan, sudah dilunasi pada April 2018.

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

"Kami sudah memberitahukan Bulog tentang pelunasan tunggakan Rastra 2017 dan sekarang tidak ada masalah lagi," ujarnya. (rls)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: