Inovasi Kasih Sidinda Antarkan TPID Tanah Datar Raih Penghargaan Tiga Kali Berturut-turut, Diserahkan Presiden Jokowi

Jumat, 01 September 2023, 15:00 WIB | Kab. Tanah Datar
Inovasi Kasih Sidinda Antarkan TPID Tanah Datar Raih Penghargaan Tiga Kali...
Bupati Tanah Datar, Eka Putra menerima penghargaan TPID Award 2023 dari Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Kamis. (humas)

JAKARTA (31/8/2023) - Bupati Tanah Datar, Eka Putra menerima penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award 2022, Kamis.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama Mahyeldi (gubernur Sumbar) dan staf, foto bersama usai menerima penghargaan TPID Award 2022 di Istana Presiden, Kamis. (humas)
Bupati Tanah Datar, Eka Putra bersama Mahyeldi (gubernur Sumbar) dan staf, foto bersama usai menerima penghargaan TPID Award 2022 di Istana Presiden, Kamis. (humas)

TPID Award ini diserahkan Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta.

Baca juga: Presiden Jokowi Silaturahmi dengan Peserta JKN-KIS Tebingtinggi

"Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras, kerjasama serta dukungan semua pihak. Ini tentunya juga untuk masyarakat Tanah Datar," tutur Eka, usai menerima penghargaan.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra dan jajaran,  foto bersama usai menerima penghargaan TPID Award 2022 di Istana Presiden, Kamis. (humas)
Bupati Tanah Datar, Eka Putra dan jajaran, foto bersama usai menerima penghargaan TPID Award 2022 di Istana Presiden, Kamis. (humas)

Kabupaten Tanah Datar merupakan satu-satunya kabupaten/kota yang mewakili Provinsi Sumatera Barat menjadi Peringkat 1 mengungguli Kabupaten Mesuji dan Kabupaten Belitung Timur.

Baca juga: Mahyeldi Temani Presiden Jokowi Selama 6 Jam sejak dari Pesawat hingga Mobil RI-1, Ini yang Dibicarakan

Dalam penerimaan penghargaan itu, Eka Putra tampak didampingi Kabag Perekonomian yang juga Sekretaris TPID Tanah Datar, Masni Yuletri.

Bupati Tanah Datar, Eka Putra berdialog santai disela kegiatan penyerahan penghargaan TPID Award 2022 di Istana Presiden, Kamis. (humas)
Bupati Tanah Datar, Eka Putra berdialog santai disela kegiatan penyerahan penghargaan TPID Award 2022 di Istana Presiden, Kamis. (humas)

Dikesempatan itu, Eka menyampaikan terima kasih atas kerja keras TPID Tanah Datar dan dukungan BUMN, BUMD, OPD dan pihak terkait lainnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmikan Bandara Mentawai dan Pastikan Stok Beras Sumbar, Ini kata Supardi

Dia mengatakan, saat penyerahan, Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas prestasi Tanah Datar yang telah meraih 4 kali penghargaan.

Dimana, tiga kali di antaranya menjadi juara 1 di wilayah Sumatera secara berturut-turut.

Baca juga: Presiden Jokowi Ajak Mahyeldi Naiki Mobil RI-1, Ini yang Dibicarakan Selama Perjalanan

"Penghargaan hari ini dengan mengangkat program inovasi dinamakan Kasih Sidinda," ungkap Eka Putra.

"Ini merupakan penghargaan ketiga kalinya sebagai Peringkat 1 Wilayah Sumatera secara berturut-turut, dimana sebelumnya tahun 2021, 2019 dan 2018 meraih peringkat 2," sambung Eka.

Baca juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan akan Resmikan Bandara Mentawai pada 25 Oktober 2023

Terlepas dari itu semua, tambah dia, penghargaaan yang diraih bukan hanya seremonial saja, namun memang memberikan dampak kepada masyarakat Tanah Datar.

"Ketersediaan bahan pokok seperti beras, telur, cabai, tomat, bawang dan beberapa bahan pokok lainnya dengan kondisi aman dan terkendali, sehingga kenaikan harga di Tanah Datar yang memicu inflasi bisa terkendali," urai Eka.

Dia mengharapkan, TPID terus berupaya menciptakan inovasi dalam menangani inflasi di daerah, khususnya Tanah Datar.

Tingkatkan Cadangan Pangan

Presiden Jokowi, meminta kepala daerah menjaga inflasi dan harus sigap dalam meningkatkan cadangan pangan.

"Karena pentingnya pengendalian inflasi, setiap daerah harus memiliki cadangan pangan sendiri, seperti memastikan pasokan beras dari petani," terang Jokowi.

"Optimalkan fiskal daerah untuk inflasi. Inflasi ini kunci. Pertumbuhan ekonomi kunci. Dua hal itu penting sekali. Semua negara konsentrasi di dua hal ini," tutup Jokowi. (adv)

Editor: Mangindo Kayo

Bagikan: