Sumbangan PAD Pariwisata Triwulan I Meningkat 30 Persen Dibanding Periode Lalu

Senin, 19 Maret 2018, 12:59 WIB | News | Kota Padang
Sumbangan PAD Pariwisata Triwulan I Meningkat 30 Persen Dibanding Periode Lalu
Lancarnya akses transportasi via Jalan Nipah - Telukbayur, memantik tingginya tingkat pengunjung ke Pantai Air Manis. Tampak, Komut BRI, Andrinof A Chaniago, Novermal Yuska (Komisaris Grafika), Muzni Zakaria (Bupati Solsel), Syafriawati (aktivis pariwisat

VALORAnews - Sepanjang 2017, sektor pariwisata di Kota Padang menyumbang pendapatan asli daerah sebesar Rp71.89 miliar. Angka ini lebih besar sekitar 25,7 persen di banding 2016 yang menyumbang pendapatan asli daerah sebesar Rp57,16 miliar.

"Untuk triwulan I 2018 ini saja, capaian juga meningkat 30 persen dibanding periode yang sama di tahun 2017 lalu," ungkap Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Medi Iswandi, Senin (19/3/2018).

Signifikannya pertambahan pemasukan ini, tak lepas dari berbagai pembenahan infrastruktur yang telah dilakukan Pemko Padang. Salah satu objek wisata yang terdampak langsung atas pembangunan infrastruktur itu adalah objek wisata Pantai Air Manis dengan legenda Malin Kundang-nya, pascadibukanya akses Jalan Nipah ke Telukbayur.

"Sepanjang Sabtu hingga Minggu, kita bisa menghabiskan 50 sampai 60 pak atau sekitar 5.000-6.000 lembar karcis masuk. Harga satu karcis Rp5 ribu, berarti dari karcis masuk kita bisa meraup sekitar Rp25-30 juta per hari," terang Medi.

Baca juga: Dinas Pariwisata Latih Pengelola Desa Wisata Sumbar, Ini Arahan Mahyeldi

Selain itu, kata Medi, untuk menunjang kenyamanan pengunjung di lokasi objek wisata Air Manis, juga dibangun areal parkir yang cukup luas.

"Areal parkirnya bisa menampung hingga 10 bus pariwisata sekaligus. Dibangun di atas lahan seluas 1 hektar," terang dia. (vry)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: