Informasi tak Ada, Akses Transportasi Sulit: 4 Nagari di Solsel Tak Ada Pendaftar Calon PPS

Selasa, 20 Februari 2018, 22:21 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Informasi tak Ada, Akses Transportasi Sulit: 4 Nagari di Solsel Tak Ada Pendaftar Calon...
Salah seorang pendaftar sebagai anggota PPS, tengah memberikan kelengkapan berkasnya sebagai calong anggota PPS di Kantor KPU Solok Selatan, Selasa (20/2/2018). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Menjelang ditutupnya pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan pada Rabu (21/2/2018), masih ada perwakilan masyarakat dari nagari di Solsel yang belum mendaftar menjadi calon anggota PPS KPU Solsel.

Hal ini, disebabkan sulitnya hubungan transportasi di beberapa nagari ke pusat kabupaten. Karena, beberapa nagari berada didaerah terisolir dan perairan. Terutama di tiga nagari yaitu Nagari Lubuk Ulang Aling, Lubuk Ulang Aling Tengah dan Lubuk Ulang Aling Selatan, Kecamatan Sangir Batang Hari. Tiga nagari ini, merupakan daerah dengan akses infrastruktur terselit menuju pusat kabupaten.

"Baru Nagari Ulang Aling Tengah yang mendaftar sebanyak enam orang sampai dengan siang hari tadi. Di daerah sulit dan perairan, masyarakat enggan jadi penyelenggara pemilu," kata Ketua KPU Solok Selatan, Mulyadi, di Kantor KPU Solsel, Selasa (20/2/2018).

Setiap nagari, nantinya akan dipilih tiga orang yang lulus menjadi anggota PPS. Namun, sampai saat ini belum seluruh masyarakat dari setiap nagari datang untuk mendaftar.

Baca juga: DPRD Solsel Bahas Strategi Percepatan Pelaksanaan Tugas Legislasi dengan DPRD Sumbar jelang Akhir Masa Jabatan

"Selain di Kenagarian Lubuk Ulang Aling, masih ada juga nagari lain yang belum mendaftar yakni Nagari Talao di Kecamatan Sangir Balai Janggo yang juga daerah dengan akses infrastruktur yang sulit dan Nagari Lubuk Gadang Selatan," katanya.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak nagari dan kecamatan serta berkordinasi dengan pihak-pihak yang dipercaya dalam mensosialisasikan pengumuman pendaftaran PPS tersebut.

"Apabila sampai dengan besok belum juga terpenuhi kuota formasi setiap nagari, pendaftaran akan diperpanjang dua sampai tiga hari dan akan dilakukan jemput bola ke daerah tersebut," ungkapnya.

Sementara, di Kantor KPU Solok Selatan, sekitar pukul 15.30 WIB menjelang ditutupnya pendaftaran pada hari ini, datang tiga orang laki-laki pendaftar dari Nagari Lubuk Ulang Aling untuk mendaftar calon anggota PPS.

Baca juga: Pemilu 2024 Ganggu Capaian Target Legislasi, Komisi 1 DPRD Solsel Konsultasi dengan DPRD Sumbar

Salah seorang pendaftar dari Nagari Lubuk Ulang Aling, Adi mengungkapkan, dirinya menempuh perjalanan dengan waktu tempuh hampir 8 jam dari tempat tinggalnya menggunakan mobil.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: