60 Warga Kampung Pinang Ikuti Diklat Ansor dan Banser

Sabtu, 17 Februari 2018, 14:25 WIB | News | Kota Padang
60 Warga Kampung Pinang Ikuti Diklat Ansor dan Banser
Ketua PW GP Ansor Sumatera Barat, Rahmat Tuanku Sulaiman foto bersama dengan peserta Diklat Terpadu Dasar (DTD) I, Jumat (16/2/2018) di Kampung Pinang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang. (istimewa)

VALORAnews - Kader Ansor Sumatera Barat, harus menjalankan perintah ulama. Sebagai organisasi pemuda yang merupakan badan otonom Nahdlatul Ulama, maka Ansor terus berkomitmen menjaga ulama yang berpahamkan Ahlussunnah Waljamaah.

Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Sumatera Barat, Rahmat Tuanku Sulaiman mengungkap hal itu, pada pembukaan Diklat Terpadu Dasar (DTD) I, Jumat (16/2/2018) di Kampung Pinang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Padang.

Menurut Rahmat, Ansor memiliki 4 karakter yang terus dikembangkan dalam setiap pelatihan kader. Karakter yang dikembangkan itu yakni kepemudaan, kerakyatan, keislaman dan kebangsaan.

"Keempat karakter tersebut harus menjadi acuan bagi Ansor dalam setiap kegiatannya di tengah masyarakat," kata Rahmat, alumni Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan, Padangpariaman ini.

Baca juga: 45 Peserta DTD Ansor Bukittinggi Dibaiat; Patuhi Ulama dan Jaga NKRI jadi Komitmen Bersama

Menurut Rahmat, karakter kebangsaan yang ditanamkan Ansor adalah bagaimana mencintai tanah air. Dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia setiap mulai kegiatan Ansor dan mencium bendera merah putih setiap pembai'atan, merupakan simbol kader Ansor bagaimana mereka mencintai tanah air.

"Bagi Ansor, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah final, harga mati," kata Rahmat.

Sebelumnya, Ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Padang, Tan Gusli menyebutkan, pelaksanaan DTD I ini merupakan angkatan pertama yang diadakan 2018, dari lima angkatan yang direncanakan. DTD yang berlangsung hingga Minggu (18/2/2018), diikuti 60 peserta dari pemuda Kampung Pinang Bungus Teluk Kabung.

"Kami menyampaikan ucapan terima kasih ke masyarakat Kampung Pinang, yang antusias mengikuti DTD Ansor dan Banser ini. Terbukti, tidak hanya diikuti pemuda, tapi juga ada pemudi. Bahkan saat pembukaan ini cukup banyak dihadiri ibu-ibu dari orang tua pemuda peserta," kata Tan Gusli. (rls)

Baca juga: Wasekjen Ansor: Ketum Jadi Menag, Ansor Jadi Sorotan

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: