Pemkab Agam Belajar Pengelolaan Wisata Bahari Pessel

Sabtu, 17 Februari 2018, 10:54 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Pemkab Agam Belajar Pengelolaan Wisata Bahari Pessel
Bupati Agam, Indra Catri bersama Kadis Pariwisata Pessel, Mawardi Roska (baju merah) berbincang di Pantai Carocok Painan, Jumat (16/2/2018) siang. (tusrisep/valoranews)

Bupati Pessel diwakili Asisten I, Gunawan menyebut, pola pengelolaan wisata di Pessel terdiri dari dua langkah, yakni Investor dan pemberdayaan masyarakat setempat.

"Jadi, selain melalui investor, kami (Pessel), juga melibatkan masyarakat dengan pola pengelolaan partisipatif," terang Gunawan, saat menjamu rombongan bupati Agam di Painan.

Seperti, di pantai Carocok Painan, pola partisipatif justru terlihat berhasil. Dimana, warga setempat mulai meningkat penghasilannya dengan berusaha sebagai pelaku-pelaku wisata.Baik itu sebagai pemilik kapal wisata, pemilik homestay, pedagang souvenir dan lainnya.

Baca juga: Bupati Agam Ajak Setiap Elemen Berkolaborasi Bangkit dari Keterpurukan akibat Bencana

"Padahal, sebelumnya mata pencarian umum adalah nelayan. Dengan penerapan pola tadi, hasilnya, alhamdulillah, memuaskan,: kata Gunawan, diamini Mawardi Roska (Kadis Pariwisata Pessel).

Sementara itu, Busril, Sekretaris IKAB Pessel, menyebut, sebagai keluarga perantau asal Kabupaten Agam, IKAB pun siap membantu ide/pemikiran/saran dan lainnya, untuk kemajuan kampung halaman.

"Kami (IKAB) di sini ada sebanyak 3.000-an perantau, yang terdiri dari beragam pekerjaan. Kendati di rantau, tidak meredam kecintaan kami ke kampung halaman, Agam nan Beragam Pesona," kata Basril, yang juga menjabat Kepala RSUD M Zein, Painan. (tsp)

Halaman:
1 2

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: