1.704 PPDP akan Sosialisasikan Pilwako Padang ke Setiap Rumah Tangga

Kamis, 18 Januari 2018, 18:18 WIB | News | Kota Padang
1.704 PPDP akan Sosialisasikan Pilwako Padang ke Setiap Rumah Tangga
Ketua Divisi Program dan Data KPU Padang, Yusrin Trinanda didampingi Chandra Eka Putra (Ketua Divisi Teknis) dan Rika Yanita (Kasubag Program dan Data KPU Padang), memimpin rapat koordinasi persiapan Coklit serentak dengan PPK se-Kota Padang, Kamis (18/1/
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ketua Divisi Program dan Data KPU Padang, Yusrin Trinanda memastikan, mulai Sabtu (20/1/2018), sebanyak 1.704 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) akan bekerja mendata 634.197 warga Padang yang tercatat dalam daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4). Pada tanggal 20 Januari itu, kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) DP4 ini akan digelar serentak secara nasional.

Coklit ini, terang Yusrin, dilakukan dengan metode sensus (dicacah satu per satu-red). Selain itu, PPDP juga diminta untuk sekaligus menyosialisasikan pemilihan walikota dan wakil walikota Padang pada pemilihan serentak 2018 ke setiap warga yang ditemui. PPDP ini bekerja mulai 20 Januari hingga 18 Februari 2018.

"Dalam bimbingan teknis (Bimtek) Coklit DP4 pemilihan serentak 2018 yang telah kita lakukan secara berjenjang, kita menekankan pada petugas PPDP untuk wajib menemui setiap warga yang tercantum dalam dokumen itu," terang Yusrin, usai rapat koordinasi persiapan Coklit serentak dengan PPK se-Kota Padang, Kamis (18/1/2018) sore.

Yusrin berharap, partisipasi partai politik serta seluruh elemen masyarakat, ikut mengawal proses Coklit ini berjalan sesuai ketentuan. "Sehingga, data pemilih jadi akurat sekaligus sosialisasi pemilihan kepala daerah jadi tepat sasaran," terang Yusrin.

Baca juga: Gerakan Mencoklit Serentak Digelar 20 Januari: Nova Indra Ingatkan Penyelenggara Pemilu Tidak Berorientasi pada Uang

Dikatakan Yusrin, tujuan Coklit ini untuk menyusun dan memperbaiki daftar pemilih, agar mendapatkan data yang akurat pada pelaksanaan pemilihan walikota dan wakil walikota Padang yang akan dilaksanakan pencoblosannya pada Rabu, 27 Juni 2018.

Yusrin menambahkan, data yang di-coklit selama kurang lebih dari satu bulan itu, tidak hanya digunakan untuk Pilwako Padang, namun juga jadi dasar untuk menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Legislatif dan Presiden 2019.

"Mulai dari KPU RI, KPU provisi, KPU kabupaten/kota, panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS) dan PPDP pada 20 Januari nanti akan mendatangi minimal 5 rumah dalam rangka pelaksanaan gerakan Coklit daftar pemilih di seluruh wilayah Indonesia," terangnya.

Baca juga: 11 Data Kependudukan di DP4 Harus Akurat

Sementara, menyangkut DP4 Kota Padang berikut dokumen yang diperlukan untuk Coklit (Form Model A.KWK), telah didistribusikan ke PPK untuk kemudian secara berjenjang dibagikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) lalu didistribusikan ke Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP)

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: