Pemilihan Osis SMA Adabiah Adopsi Sistem Pemilu, Sawati: Ini Pembelajaran Pentingnya Ikut Berpartisi

Rabu, 29 November 2017, 15:59 WIB | News | Kota Padang
Pemilihan Osis SMA Adabiah Adopsi Sistem Pemilu, Sawati: Ini Pembelajaran Pentingnya Ikut...
Ketua KPU Padang, M Sawati didampingi Sutrisno (Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Padang) bersama guru pembimbing Osis SMA Adabiah Padang, memberikan arahan pada masa kampanye pemilihan calon ketua periode 2017/2018, Rabu (29/11/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ketua KPU Padang, M Sawati mengatakan, menyelenggarakan pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) dengan mengadopsi sistem pemilihan pada pemilihan umum (pemilu), merupakan sarana pembelajaran bagi siswa-siswi untuk mengerti dan paham bagaimana proses pemilu itu bekerja.

"Semoga, apa yang ananda lakukan hari ini, jadi pembelajaran di masa depan, betapa pentingnya ikut berpartisipasi dalam sebuah kontestasi pemilihan pemimpin," ungkap Sawati saat memberikan arahan pada pembukaan masa kampanye pemilihan Ketua Osis SMA Adabiah Padang, Rabu (29/11/2017) di aula sekolah yang berada di kawasan Jati, Kecamatan Padang Timur itu.

Dikatakan Sawati, dalam sistem pemilu, ada proses pencalonan, masa kampanye, pencoblosan, penghitungan suara hingga penetapan calon terpilih. Hal serupa, mestinya juga jadi bagian tahapan dalam pemilihan ketua OSIS ini.

"Nanti, saat telah menginjak usia 17 tahun, ananda semua dalam kacamata KPU tergolong pada pemilih pemula. Ananda semua telah punya hak pilih. Ayo gunakan hak itu untuk memilih pemimpin, apakah itu legislatif, presiden maupun kepala daerah di tingkat provinsi maupun kota/kabupaten," ajak Sawati sembari mengingatkan, Kota Padang akan mengagendakan pencoblosan pemilihan walikota dan wakil walikota pada 27 Juni 2018.

Baca juga: KPU Sumbar Gelar Jambore Demokrasi Pelajar, Idham: Program Literasi yang Layak Ditiru

Sementara, Kasubag Teknis dan Hupmas KPU Padang, Sutrisno menyampaikan proses dan tahapan pemilihan kepala daerah. "Proses pemilihan itu ada namanya tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan," jelas Sutrisno.

Pada tahapan persiapan ini, terang Sutrisno, terdapat perencanaan program dan anggaran kemudian tahapan sosialisasi sampai pada pemutakhiran data dan daftar pemilih.

"Setelah selesai tahapan persiapan, maka ada lagi namanya tahapan penyelenggaraan. Pada tahap ini akan ada proses pencalonan, masa kampanye, pencoblosan, penghitungan suara hingga penetapan calon terpilih," terang Sutrisno menjelaskan tahapan dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Padang yang prosesnya tengah berlangsung.

Baca juga: Terinsiprasi Jambore Demokrasi Pelajar, Pemilihan OSIS Adabiah Adopsi Sistem Pemilu

Ia berharap, pelaksanan pemilihan ketua OSIS ini bisa memberikan pendidikan demokrasi sejak dini. Para siswa harus sadar serta memahami betapa pentingnya memilih, karena memilih itu adalah sebuah keharusan.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: