Pessel Raih Swasti Saba Kategori Wiwerda

Selasa, 28 November 2017, 20:30 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Pessel Raih Swasti Saba Kategori Wiwerda
Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni bersama piala dan sertifikat penghargaan Swasti Saba kategori Wiwerda dari Kemendagri dan Menkes, Selasa (28/11/2017). Penghargaan ini diserahkan di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Di tingkat kabupaten, biasanya dimotori Forum Kabupaten Sehat yang mensinergikan pembangunan berwawasan kesehatan. Di tingkat kecamatan, dipandu Forum Kecamatan Sehat dan di desa oleh Forum Desa Sehat.

Pola penilaian kabupaten sehat lebih berfokus pada adanya proses upaya perbaikan kesehatan, melalui partisipasi melalui Forum Kabupaten Sehat, Forum Kecamatan Sehat, dan Forum Desa Sehat.

Baca juga: PILKADA 2024: PPP Serahkan Dukungan Resmi ke Hendrajoni dan Risnaldi di Pilkada Pessel

Jadi, meski mendapatkan predikat kabupaten sehat, kasus orang sakit, masalah gizi buruk, keracunan, dan lainnya tetap terjadi.

Namun, mendapatkan penanganan memadai dan ada konsepnya yang terpadu/terorganisir antara pemerintah dan masyarakat serta didukung legal aspeknya melalui regulasi di tingkat lokal/kabupaten.

Penyerahan sertifikat dan tropi bagi Pessel ini, bersamaan dengan 104 kabupaten/kota dan provinsi yang menerima penghargaan Swasti Saba 2017. Penyerahannya dilakukan Menteri Kesehatan, dr Nila Djuwita F Moeloek bersama Diah Indrajati (Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri) serta dr Pattiselanno Roberth Johan MARS (Staf Ahli Bidang Desentralisasi Kesehatan Kementerian Kesehatan).

Di kesempatan itu, Menkes mengajak kepala daerah untuk bersinergi dengan semua elemen dalam mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat serta taraf kesehatan masyarakat. Ini karena indeks pembangunan manusia dimulai dari kesehatan.

"Kita melihat indeks pembangunan manusia dimulai dari kesehatan. Dengan kesehatan kita bisa beraktifitas, bisa berpendidikan dan sejahtera," kata Nila Djuwita dalam sambutannya pada acara yang digelar di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri itu. (adv)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: