Data Kependudukan Kota Padang Terkoneksi ke Seluruh OPD

Rabu, 22 November 2017, 21:55 WIB | News | Kota Padang
Data Kependudukan Kota Padang Terkoneksi ke Seluruh OPD
Pimpinan OPD di Setdako Padang, menandatangani Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan antara Disdukcapil dengan OPD Pengguna di lingkungan Kota Padang, di Puskesmas Lubukbuaya, Selasa (22/11/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Padang, terus berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Kota Padang, salah satunya melalui validitas database kependudukan.

Hal itu disampaikan Kepala Inspektorat Padang, Corri Saidan pada peluncuran Koneksi Integritas Data Kependudukan dan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan antara Disdukcapil dengan OPD Pengguna di lingkungan Kota Padang, di Puskesmas Lubukbuaya, Selasa (22/11/2017).

Corri menjelaskan, database kependudukan ini dapat digunakan untuk berbagai kepentingan baik itu perencanaan, pembangunan, pelayanan publik, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi dan penegakan hukum dan pencegahan kriminal.

"Dengan adanya database ini, masyarakat maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dijajaran pemerintah, dapat mengakses data melalui Nomor Induk Kependudukan (NIK). Dengan adanya NIK maka kesalahan seperti nama tidak akan terjadi lagi," ungkapnya.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

Ia berharap dengan menggunakan data base ini, Disdukcapil dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal lagi bagi masyarakat Kota Padang. "Jangan sampai masyarakat tidak terlayani dengan baik, jangan sampai bolak balik, dan diharapakan tetap fokus," tambahnya.

Sementara, Kepala Disdukcapil Kota Padang, Wedistar mengungkapkan, dengan adanya data base ini dapat meningkatkan pelayanan sangat cepat, sehingga memudahkan bagi Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang dalam mengakses data kependudukan.

"Dengan adanya Data Base ini, saat Kota Padang menjadi yang pertama di Sumatera Barat dan urutan nomor dua di Indonesia dalam mengakses data kependudukan setelah DKI Jakarta," ungkapnya.

Ia menambahkan, kedepannya nanti kita akan bangun server dimasing-masing kantor dinas dan kecamatan, sehingga data dari masing-masing kantor dapat terkoneksi satu sama lain. Selain itu, OPD dilingkungan Kota Padang dapat mengakses data di Disdukcapil.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

"Dengan adanya serves tersebut dapat mengakses data disetiap kantor Dinas Kesehatan dan 23 Puskesmas di Kota Padang. Semoga database ini dapat menjadikan Kota Padang sebagai Kota Smart City," terangnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: