Seni Qasidah Senyawa dengan Filosofi ABS-SBK

Rabu, 22 November 2017, 21:45 WIB | News | Kota Padang
Seni Qasidah Senyawa dengan Filosofi ABS-SBK
Asisten III Bidang Administrasi Sekretariat Kota Padang, Didi Aryadi memberikan sambutan pada Seminar Nasional Seni Qasidah yang digelar di aula Disnaker Provinsi Sumatera Barat, Jalan Ujung Gurun, Selasa (21/11/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Seni qasidah sudah bersenyawa di dalam kehidupan budaya masyarakat Minangkabau yang berlandaskan "Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Dalam upacara-upacara adat misalnya, pernikahan, sunat rasul, khatam quran dan 'batagak gala' serta kematian, ada irama bernuansa qasidah yang dilantunkan.

Hal itu diungkapkan Tuanku Bagindo H Mohammad Leter (TBH M Leter) saat jadi narasumber dalam Seminar Nasional Seni Qasidah yang digelar di aula Disnaker Provinsi Sumatera Barat, Jalan Ujung Gurun, Selasa (21/11/2017).

"Budaya Minangkabau sangat akrab dengan seni qasidah. Itu tercermin dalam upacara-upacara adat," ujarnya.

Ulama sepuh Sumatera Barat ini menyayangkan, dewasa ini generasi muda kebanyakan beralih ke kesenian-kesenian yang terkadang tidak bersinggungan dengan nafas budaya Islami. Seni qasidah lengang dari minat anak muda. Nasibnya nyaris sama dengan kesenian tradisional lainnya.

Baca juga: Pasbar Hibahkan Tanah di Padang Tujuh untuk Mako Kompi 3 Brimob Polda Sumbar

Menurutnya, adanya Festival Seni Qasidah Berskala Besar Tingkat Nasional yang dituan rumahi Kota Padang, akan membangkitkan kembali seni Islami sebagai bagian dari budaya bangsa Indonesia.

"Festival qasidah di Kota Padang akan membangkitkan seni Islami serta memancing kembali minat generasi muda menyimak dan menyukainya," imbuhnya.

Selain TBH M Leter, pemapar lainnya adalah dari unsur akademisi dan pelaku seni qasidah serta pemerintah daerah.

Adapun seminar ini dibuka Asisten III Bidang Administrasi Sekretariat Kota Padang, Didi Aryadi mewakili Walikota Padang. Kegiatan ini merupakan rangkaian gelaran Festival Seni Qasidah Berskala Besar Tingkat Nasional ke-22 yang diikuti peserta dari 32 provinsi.

Baca juga: Perubahan APBD Padang Tahun 2024 Ditetapkan Rp2,8 Triliun

Didi Aryadi mengatakan, melalui kegiatan festival qasidah akan mengangkat nilai-nilai seni islami yang berunsur dakwah. Sekaligus jalinan silaturahim antar umat Islam di Nusantara semakin erat.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024