Penceramah Tarwih di Padang Bolehkan Baca Al Quran dengan Langgam Dangdut

Sabtu, 04 Juli 2015, 17:53 WIB | News | Kota Padang
Penceramah Tarwih di Padang Bolehkan Baca Al Quran dengan Langgam Dangdut
Screen capture pernyataan pemilik akun Rajo Mudo tentang seorang penceramah tarwih yang membolehkan jemaah mempraktekan pembacaan al Quran dengan langgam dangdut.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Sebuah akun facebook, Rajo Mudo, sekitar 19 jam lalu, memposting pernyataan mengejutkan. Seorang dosen bergelar doktor sebuah kampus Islam di Padang, disebutkan telah mempraktekan pembacaan al Quran dengan langgam dangdut saat ceramah tarwih di Masjid Baitul Makmur, Air Tawar Barat, Padang.

"Semua yang saya tulis, akan saya petanggungjawabkan di hadapan manusia dan Allah SWT," ungkap pemilik akun Rajo Mudo yang menuliskan nama aslinya, Husni Alharid, seorang mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) itu.

Dituliskan Rajo Mudo, malam itu jadi yang mungkin tak terlupakan bagi dirinya. Dia pun menulis lagi kenangan perdebatan soal pembacaan al Quran dengan langgam jawa, saat peringatan Isra' Mi'raj di Istana negara.

"Masjid di tempat saya shalat, jamaahnya kurang lebih 450 orang. Sebagian besar adalah anak muda. Kemudian, sang ustad yang bergelar akademik doktor itu, merekomendasikan dan mencontohkan bacaan al Quran dengan Irama dangdut. Di ceramahnya, dia juga membolehkan bacaan dengan irama pop dana linnya yaitu surah Al Kafirun," tulis Rajo Mudo.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

Usai ceramah, Rajo Mudo mengaku sempat melemparkan sejumlah pertanyaan, berikut kutipan yang ditulisnya di akun facebook (tulisan tidak diedit-red):

1. Mohon Klarifikasi tentang bacaan Alquran yg di dendangkan dengan irama dangdut td ustad ?

ustad : itu murni pendapat saya dan untuk pembelajaran boleh saja, orang tua2 kita dulu sering "mendendangkan" Alquran menidurkan anaknya dibuaian

2. Tapi kan nd' harus berirama dangdut ustad, bukankah sudah ada tuntunan irama bacaan alquran yg tidak ada pertentangan ulama ustad ?

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

ustad : saya Doktor, "seorang Doktor boleh berpendapat" bagaimana remaja sekarang bisa irama tersebut, irama dangdut saja belum lurus.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: