Mahyeldi Apresiasi Seminar Mitigasi Bencana UBH

Senin, 23 Oktober 2017, 22:33 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
Mahyeldi Apresiasi Seminar Mitigasi Bencana UBH
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo memberikan sambutan pada Seminar Nasional Mitigasi Bencana yang dilangsungkan di Aula Balirung Caraka Kampus Proklamator I, Universitas Bung Hatta (UBH), Senin (23/10/2017). (humas)

VALORAnews - Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo mengapresiasi Seminar Nasional Mitigasi Bencana yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Universitas Bung Hatta.

Hal itu disampaikannya sewaktu membuka kegiatan yang dilangsungkan di Aula Balirung Caraka Kampus Proklamator I, Universitas Bung Hatta (UBH), Senin (23/10/2017). Diketahui, seminar ini mengangkat topik pembangunan tempat evakuasi sementara (shelter) di Sumatera Barat khususnya Kota Padang.

"Seminar ini penting dan tepat dilakukan," sebut Mahyeldi di kesempatan itu.

Mahyeldi melanjutkan, melalui seminar ini ia berharap di samping menambah wawasan juga meningkatkan upaya mitigasi bencana khususnya di Padang. Sebagai pintu gerbang Sumatera Barat, Padang termasuk kawasan rawan gempa bumi disebabkan letaknya di pantai barat Sumatra yang secara tektonik berada berdekatan dengan zona subduksi.

Baca juga: Festival Budaya Marandang Minangkabau 2024, Gubernur: Jangan Hanya Tahu Lezat, Tak Tahu Membuatnya

"Pemko Padang bersama pihak terkait terus berupaya melakukan mitigasi bencana. Di antaranya memberikan 'safety' serta menyiapkan masyarakat yang cerdas bencana. Semoga seminar ini akan menghasilkan upaya-upaya baru untuk penguatan mitigasi bencana bagi Kota Padang ke depan," terang dia.

"Tentu kita harus berdoa dan berharap agar tak terjadi bencana seperti dan gempa dan lainnya di kota ini. Tapi kita perlu siaga dan berupaya meminimalisir dampak yang terjadi di setiap bencana," harapnya.

Lebih lanjut Ia memaparkan, saat ini Pemko Padang ingin menjadikan Padang sebagai kota terdepan mewakili Indonesia dalam mitigasi bencana untuk Indonesian Indian Ocean Rim Association.

"Kita tengah menyiapkan rencana kerjasama dengan beberapa negara. Di antaranya bersama New Zealand, Jepang dan China. Ketiga negara ini sudah menyatakan siap dan kita akan menindaklanjuti proses kerja sama tersebut," ungkap Mahyeldi.

Baca juga: Literasi Masyarakat Sumbar Nomor 4 Tertinggi Nasional, Ini Harapan Mahyeldi

"Alhamdulillah, dalam mitigasi bencana di Padang, kita sudah membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang bangunan, membangun shelter, jalur evakuasi dan menyosialisasikan kebencanaan ke seluruh elemen masyarakat," tandasnya. (rls/vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: