Perantau Batangkapas Salurkan Zakat ke Kampung

Kamis, 02 Juli 2015, 18:21 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Perantau Batangkapas Salurkan Zakat ke Kampung
Wali Nagari IV Koto Mudiek, Syafran, secara simbolis menyerahkan zakat bagi guru TPA/TPSA, garin masjid dan mushala serta anak yatim yang ada di Kenagarian IV Koto Mudiek, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan. (Lelek/valoranews)

VALORAnews -- Sejumlah guru TPA/TPSA, garin masjid dan mushala serta anak yatim yang ada di Kenagarian IV Koto Mudiek, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan, menerima zakat dari perantau asal Kecamatan Batang Kapas.

Penyaluran zakat dilakukan Wali Nagari IV Koto Mudiek, Syafran. Zakat ini berasal dari seorang tokoh perantau setempat di Jakarta, Syahdanur Dt Rajo Gamunyang. Seorang wartawan Harian Merdeka di Jakarta, juga ikut menyalurkan zakatnya.

Syafran dalam arahannya mengatakan, garin dan guru TPA/TPSA yang menerima zakat itu sebanyak 39 orang. Mereka masing-masing menerima Rp300 ribu. Sedangkan untuk anak yatim, diserahkan pada pengurus masjid dan mushalla yang jumlahnya sebanyak Rp4 juta.

Menurutnya, penyaluran zakat perantau ke kampung halaman ini memang sangat membantu peningkatan ekonomi masyarakat. Berhubung dengan adanya zakat tersebut, bertambah uang beredar di nagari, yang akhirnya bisa meningkatkan daya beli masyarakat.

Baca juga: HMTI Serahkan Zakat Fitrah dan Fidiah Warga Tabagsel Sumbar

"Untuk itu, pemerintah Nagari IV Koto Mudiek, akan terus mengajak perantau untuk mengirimkan uang ke kampung halaman, baik dalam bentuk infak, zakat dan sedekah maupun dalam bentuk investasi. Karena, untuk untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dibutuhkan dana segar yang datang dari luar," kata Syafran. (lek)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: