FKDM Padang Dilantik: Kewaspadaan Dini Masyarakat Perlu Dijaga

Selasa, 26 September 2017, 23:06 WIB | News | Kota Padang
FKDM Padang Dilantik: Kewaspadaan Dini Masyarakat Perlu Dijaga
Staf Ahli Walikota Padang, Dian Fakhri melantik pengurus FKDM di kantor balaikota, Senin (25/9/2017). FKDM ini terdiri dari berbagai elemen masyarakat. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Padang terbentuk. Forum ini dikukuhkan Walikota Padang di Balaikota, Senin (25/9/2017).

"Terbentuknya FKDM ini sebagai wadah bagi elemen masyarakat dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat," ujar Staf Ahli Walikota, Dian Fakri, mewakili walikota.

FKDM ini menggabungkan sejumlah elemen masyarakat, seperti aparatur pemerintah, TNI, Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, elemen pemuda serta masyarakat itu sendiri.

Menurutnya, masyarakat perlu dilibatkan dalam kewaspadaan dini. Apalagi saat ini cukup banyak ancaman dan gangguan yang terjadi di tengah masyarakat.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

"Tidak semua tugas keamanan dibebankan pada aparat hukum. Meski penindakannya adalah wewenang dari aparat hukum, akan tetapi dalam hal pencegahan mesti melibatkan kita sebagai masyarakat," kata Dian Fakhri.

Kewaspadaan dini masyarakat adalah kondisi kepekaan, kesiagaan dan antisipasi masyarakat dalam menghadapi potensi dan indikasi timbulnya bencana. Baik itu bencana perang, bencana alam maupun bencana karena ulah manusia. Kewaspadaan dini masyarakat ini merupakan bagian integral dari penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Mahyeldi mengungkapkan, wadah FKDM akan menjawab kebutuhan dalam mengakselerasikan terbangunnya budaya di masyarakat. Apalagi dengan telah adanya Permendagri No 12 Tahun 2006 tentang Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat di daerah atau FKDM, maka keberadaan forum itu perlu terus ditingkatkan, diperkuat dan dipertajam, khususnya dalam fungsi deteksi dini.

"Koordinasi dengan forum lainnya dan jajaran komunitas intelijen juga perlu lebih didinamisasikan secara optimal, karena hak tersebut merupakan fungsi yang sangat sentral dalam upaya pencegahan dini terhadap gangguan-gangguan dalam masyarakat," sebut dia.

Baca juga: 10 Anak Terlibat Peredaran Narkoba di Padang Selang 3 Bulan Terakhir

Dia berharap, dilantiknya kepengurusan FKDM akan menambah kewaspadaan dalam pencegahan dini berbagai permasalahan di Padang. (rls/vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: