Nagari Mandiri Pangan: 400 Bibit Manggis Ditanam di Jorong Simancuang

Rabu, 20 September 2017, 06:14 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Nagari Mandiri Pangan: 400 Bibit Manggis Ditanam di Jorong Simancuang
Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria melakukan penanaman perdana bibit pohon maggis di Jorong Simancuang Selasa (19/9/2017). Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan nagari mandiri pangan. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria melakukan penanaman perdana bibit pohon manggis jenis ratu kamang di Jorong Simancuang, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan untuk mewujudkan Jorong Simancuang sebagai nagari mandiri pangan.

Selain Bupati, hadir Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Barat, Efendi dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Solok Selatan, Del Irwan.

Dalam sambutannya, Efendi mengatakan, Jorong Simancuangmendapatkan bantuan sebanyak 400 bibit pohon manggis yang ditanam di lahan seluas 2 hektare. Selain itu, Simancuang juga akan mendapatkan pembinaan dan pengawasan berkebun manggis selama lima tahun sampai pohon manggis berbuah.

"Ini merupakan salah satu program dari Provinsi Sumatera Barat untuk mewujudkan nagari mandiri pangan," ujarnya.

Baca juga: Bupati Solsel Ingatkan Pentingnya Wujudkan Jalan Tembus ke Dharmasraya

Dijelaskan, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 521/206//DP/2017 Tanggal 3 Februari 2017 Nagari Alam Pauh Duo termasuk kedalam 32 Nagari Mandiri Pangan di Sumatera Barat.

Menurutnya, pemilihan komoditi Buah Manggis merupakan pilihan tanaman dari masyarakat Jorong Simancuang sendiri.

"Buah Manggis memiliki nilai ekonomis yang tinggi, serta memiliki kandungan zat yang sangat baik, kami sangat mendukung penanaman pohon manggis ini," tambahnya.

Sementara, Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria menyambut baik program tersebut, dan mengapresiasi masyarakat Jorong Simancuang yang selalu dapat menjaga kepercayaan bantuan yang diberikan.

Baca juga: Warga Solsel Diingatkan Bijak Gunakan Medsos di Momen Pilkada

"Banyak bantuan yang mengalir ke Jorong Simancuang ini, mulai dari padi organik sampai dengan bibit pohon manggis. Semoga masyarakat Simancuang dapat selalu menjaga kepercayaan ini," ujarnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: