Lurah Gunung Pangilun Cetuskan Patuh

Jumat, 08 September 2017, 15:14 WIB | News | Kota Padang
Lurah Gunung Pangilun Cetuskan Patuh
Lurah Gunung Pangilun saat soft launching program layanan Patuh, Kamis (7/9/2017). Layanan Patuh ini merupakan pengadopsian dari konsep Paten di tingkat kecamatan. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnes - Pelayanan Administrasi Terpadu Kelurahan atau disebut Patuh, sebuah inovasi baru di Kota Padang bahkan mungkin di Indonesia. Inovasi ini tercetus dari Andi Amir, Lurah Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara.

Menurut Andi Amir, kantor kelurahan sebagai basis pelayanan terdepan pemerintahan, seharusnya lebih mencerminkan profesionalisme. Warga harus diberi pelayanan yang nyaman, jelas dan tuntas sebagai implementasi dari kepatuhan melayani dan dilayani.

"Bila ruang pelayanan nyaman, warga yang berurusan akan nyaman. Tentunya juga dengan alur pelayanan yang jelas dan tuntas dalam waktu yang terukur," jelas Andi Amir di kantornya, Kamis (7/9/2017).

Konsep Patuh ini mengadopsi Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Di tangan lurah muda ini diberikan sentuhan berbeda, baik dari penataan ruangannya maupun dari cara melayani warga.

Baca juga: Festival Nasyid dan Qasidah Perkuat Visi Madani Kelurahan Gunung Pangilun

"Kita ingin mengubah cara pandang masyarakat terhadap pelayanan di kantor kelurahan. Biasanya terkesan apa adanya. Sekarang, kita buat berbeda dengan sentuhan profesional, tetapi lebih dekat ke masyarakat," ujar Andi.

Menurut Andi, lahirnya inovasi pelayanan ini sebagai bentuk komitmen pemerintah yang dimulai dari kelurahan untuk mewujudkan pelayanan prima.

"Ini komitmen untuk pemerintah mewujudkan pelayanan prima. Kita mulai dari kelurahan," tukasnya.

Sementara Patuh juga bisa jadi akronim dari Profesional, Amanah, Transparan, Unggul dan Handal. Sedangkan Moto Pelayanan yaitu 'Patuh Administrasi dan Patuh Melayani.

Baca juga: UP2K Gunung Pangilun Dinilai Tingkat Provinsi

"Patuh administrasi bagi warga dan patuh melayani bagi pihak kelurahan," sebutnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: