Festival Nasyid dan Qasidah Perkuat Visi Madani Kelurahan Gunung Pangilun

Minggu, 18 November 2018, 18:02 WIB | News | Kota Padang
Festival Nasyid dan Qasidah Perkuat Visi Madani Kelurahan Gunung Pangilun
Mantan Kejati Sumbar, Halius Hosen, Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra, anggota DPRD Padang, Suhaidi Olon dan Camat Padang Utara, Editiawarman serta tokoh masyarakat Gunung Pangilun lainnya, ikut memukul rebana sebagai tanda dibukanya Festival N
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Festival Nasyid dan Qasidah tingkat Kota Padang, kembali digelar di Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Ahad (18/11/2018). Gelaran kali ini adalah rangkaian kegiatan pekan Muharam 1439 H yang dikaitkan dengan peringatan Maulid Nabi SAW.

Sejumlah tokoh hadir pada acara pembukaan yang sempat dihibur penyanyi Khairat KDI ini. Di bangku kehormatan terlihat Mantan Kejati Sumbar, Halius Hosen, Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra, anggota DPRD Padang, Suhaidi Olon dan Camat Padang Utara, Editiawarman serta tokoh setempat.

Editiawarman dalam sambutannya menyebut, lomba nasyid dan qasidah memberikan warna yang kuat terhadap Gunung Pangilun sebagai kelurahan bervisi madani sekaligus pengimplementasi Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK). Kesan itu juga ditunjukkan dari kegiatan-kegiatan keagamaan serta nilai-nilai adat yang terpelihara di lingkungan kelurahan tersebut.

"Setahu saya, satu-satunya kelurahan di Kota Padang yang berani mengangkat visi madani ialah Gunung Pangilun di bawah Lurah Andi Amir. Hal ini mendapat dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat setempat sehingga nilai-nilai adat dan agama lebih kuat di sini," ungkap dia.

Baca juga: UP2K Gunung Pangilun Dinilai Tingkat Provinsi

Dikatakan, virus positif ini agar dapat ditularkan ke kelurahan lain di Kota Padang, khususnya di Kecamatan Padang Utara. Sebab, kehidupan madani juga merupakan cita-cita dari masyarakat umumnya. "Hanya saja perlu suatu upaya yang lebih keras untuk mewujudkan hal itu (masyarakat madani-red)," tukas Editiawarman.

Sementara itu, Wahyu Iramana Putra mengatakan, kegiatan lomba nasyid dan qasidah ini merupakan usulan dari ibu-ibu Majelis Taklim di kelurahan Gunung Pangilun. Kemudian dianggarkan kegiatannya dari APBD melalui Bagian Kesra Sekretariat Kota Padang didasari pokok-pokok pikiran anggota legislatif.

Ia berharap, kegiatan ini dapat terlaksana setiap tahun guna menyemarakkan syiar islam. Kesenian islami ini juga akan meminimalisir maraknya hiburan yang cenderung bersifat negatif.

"Dari lomba ini diharapkan, terminimalisirnya hiburan negatif yang membawa efek tidak baik terhadap lingkungan dan generasi muda," harapnya.

Baca juga: Dasawisma Melati Lima Gunung Pangilun Menuju Terbaik Provinsi

Sambutan juga disampaikan tokoh masyarakat yang juga Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Gunung Pangilun, M Nazir. Kendati senada, namun inti yang dikatakan adalah melalui syair-syair qasidah menyemarakkan syiar agama.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: