Muslim Rohingya Butuh Dukungan

Sabtu, 02 September 2017, 09:11 WIB | News | Kota Padang
Muslim Rohingya Butuh Dukungan
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo.
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kaum muslim Rohingya di Myanmar, mendapat perlakuan kekerasan selama ini. Nyawanya dihilangkan oleh sejumlah kelompok di Myanmar yang notabene beragama Budha.

Perilaku yang melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) ini membuat umat Islam di seluruh dunia geram. Hal ini harus segera dihentikan.

"Kita dorong kepada Pemerintah Republik Indonesia, untuk memberi dukungan kepada kaum muslim Rohingya," ujar Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo, Jumat (1/9/2017).

Mahyeldi menilai, kekerasan kepada kaum muslim Rohingya, merupakan tindakan yang tidak manusiawi. Melanggar HAM. Sangat bertentangan dengan apa yang dianut di Indonesia.

Baca juga: Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra, Sumbar Cetak Hattrick

"Pemerintah Indonesia harus hadir di sana," kata Mahyeldi.

Seperti diketahui, umat muslim Rohingya tidak diakui sebagai warga negara di Myanmar -yang mayoritas penduduknya beragama Budha- dan sering menjadi korban kekerasan aparat keamanan maupun kelompok militan Budha.

Puluhan ribu warga Rohingya sudah mengungsi ke Bangladesh karena mengaku menjadi korban penganiayaan. Rakhine -yang merupakan negara bagian termiskin di Myanmar- menjadi tempat tinggal dari lebih dari satu juta orang Rohingya yang beragama Islam.

Kemarin, penduduk sipil muslim Rohingnya mengungsi dengan melintasi perbatasan ke Bangladesh namun penjaga perbatasan mengusir sebagian dari mereka kembali ke wilayah Myanmar. (rls/vri)

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: