Pencetakan KTP-El 50 Lembar per Hari

Selasa, 30 Juni 2015, 09:58 WIB | News | Kota Padang
Pencetakan KTP-El 50 Lembar per Hari
Petugas perekaman data KTP elektronik di Kota Padang, tengah memindai retina mata warga yang melakukan pengurusan KTP di kantor Disdukcapil Padang di Jl Sudirman No 1 Padang. (AI Mangindo Kayo/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Padang, Wedistar, Senin (29/6/2015) mengatakan, dengan terputusnya pasokan blangko KTP-el, otomatis stok blangko di Disdukcapil terus mengalami penurunan.

"Saat ini stok blangko yang tersedia hanya sekitar 1.000 lembar," tukasnya.

Minimnya blangko, terangnya sebagaimana siaran pers yang dilansir Pemko Padang, membuat Disdukcapil mesti mengurangi penerbitan KTP-el, jadi 50 lembar per hari. "Biasanya saat blangko memadai, kita bisa menerbitkan sebanyak 500 lembar per hari," sebut Wedistar.

Wedistar memprediksi, sekitar 20 hari ke depan, Kemendagri akan mengirimkan pasokan blangko ke masing-masing daerah, termasuk Kota Padang. Untuk penggunaan surat keterangan sementara, telah dikoordinasikan dengan lembaga terkait seperti perbankan, imigrasi dan lembaga lainnya. (Baca: Blangko E-KTP Menipis, Disdukcapil Terbitkan Surat Keterangan)

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

Diketahui, pendanaan penyelenggaraan program dan kegiatan fisik serta non fisik Administrasi Kependudukan di provinsi dan kabupaten/kota, dianggarkan dalam APBN. Hal ini termaktub dalam Pasal 87 A UU No 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas UU No 23 Tahun 2006.

Hingga kini pengadaan melalui APBN-P 2015 belum turun, sehingga blangko dan tinta ribbon yang dibutuhkan di daerah-daerah terus berkurang. Keadaan ini mengakibatkan sejumlah daerah, mengatasi hal tersebut dengan menerbitkan Surat Keterangan sebagai pengganti KTP-el. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: