Polres Pessel Sosialisasikan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

Senin, 29 Juni 2015, 16:44 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Polres Pessel Sosialisasikan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana
Bintara Polres Pessel, memantau kondisi lalu lintas di lokasi Pasar Pabukoan, Pasar Inpres Painan. (Humas Polres Pessel)

VALORAnews - Direktur Komunitas Siaga Tsunami (Kogami) Sumbar, Tommy Susanto mengatakan, Kabupaten Pesisir Selatan adalah salah satu daerah mini marketnya bencana, baik itu gempa bumi, tsunami, tanah longsor dan banjir.

"Untuk itu, perlu pelatihan, sosialisasi kesiapsiagaan mengantisipasi gempa dan tsunami khususnya di jajaran Polres Pesisir Selatan," ungkap Tommy Susanto pada sosialisasi Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami yang digelar Polres Pessel, Senin (29/6/2015) di Hotel Triza Rawang, Painan.

Selain Tommy, pemateri lainnya yaitu Patra Susanto (Kogami Sumbar) dan AKBP Deni Yuhasdi (Kapolres Pesisir Selatan). Acara ini dihadiri Wakapolres Pessel, Kompol Eko Rendra Cahyono, Kabag, Kasat, Kapolsek dan Kanit sejajaran Polres Pessel.

Secara geografis, Kabupaten Pesisir Selatan terletak pada 0.000 59' - 20 28,6' Lintang Selatan,1010 01" - 1010 30" Bujur Timur dengan luas wilayah 5.749,89 Km2.

Baca juga: BAZNAS dan Polres Pessel Gelar Rehab Rumah Sinergitas di Pulau Karam

Kabupaten Pesisir Selatan memiliki topografi wilayah berbukit-bukit dengan ketinggian berkisar 0-1000 m dari permukaan laut, memiliki 57 buah pulau serta dialiri sebanyak 18 sungai dengan 11 sungai besar dan 7 sungai kecil.

Secara umum, Kabupaten Pesisir Selatan beriklim tropis dengan temperatur bervariasi antara 230 C hingga 320 C disiang hari dan 20 C 280 C di malam hari dengan curah hujan rata-rata 224.63 mm perbulan.

Kodisi permukaan lahan Kabupaten Pesisir Selatan dewasa ini adalah sebagian besar lahan hutan yaitu 70,54% hutan lebat dan 13,37% hutan belukar, lahan sawah 6,07%, perkebunan 2,30% dan sisanya adalah perkampungan, kebun campuran dan kebun rakyat lainnya.

Sementara, Kapolres Pessel, AKBP Deni Yuhasdi mengatakan, sosialisasi tentang bencana alam gempa bumi dan tsunami yang diselenggarakan kali ini, sebagai realisasi dari kerja sama antara Kogami Sumbar dengan Polri.

Baca juga: Propam Polda Sumbar Periksa Kanit Tipidkor dan Kasat Reskrim Polres Pessel, Ini Sebabnya

Tujuan sosialisasi adalah untuk memberikan sosialisasi ke jajaran Polres Pessel, tindakan-tindakan apa yang diambil saat terjadi gempa bumi dan tsunami.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: