25 Keltan di Solsel Dapat Alsintan dari Hermanto

Kamis, 27 Juli 2017, 14:15 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
25 Keltan di Solsel Dapat Alsintan dari Hermanto
Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman bersama Anggota DPR RI Komisi IV fraksi PKS asal dapil Sumbar 1, Hermanto, menyerahkan bantuan Alsintan ke kelompok tani di Solok Selatan, Rabu (26/7/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Sebanyak 25 kelompok tani (Keltan) di Solok Selatan, menerima bantuan peralatan mesin pertanian (Alsintan). Bantuan ini difasilitasi anggota Fraksi PKS DPR RI dari komisi IV, Hermanto.

Melalui Dinas Pertanian Solok Selatan, para kelompok tani kembali diberikan bantuan Alsintan guna meningkatkan produksi dan mencapai swasembada pangan.

Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan, Tri Handoyo Gunardi menyebutkan, Pemkab Solsel sedikitnya membagikan 25 unit handtractor yang difasilitasi Hermanto.

"Selain itu, akan menyusul bantuan 6 unit corn seller atau mesin pemipil jagung, 3 unit transplanter, 2 unit combine harvester, 3 unit pompa air dan 2 unit uppo untuk pengolahan pupuk organik," katanya saat penyerahan bantuan alsintan secara simbolis kepada kelompok tani, di kantor Dinas Pertanian Solsel, Rabu (26/7/2017).

Baca juga: BANTUAN ALSINTAN: 15 Perwakilan Keltan Ikuti Bimtek Operator Mesin di Pessel

Bantuan dari anggota DPR RI Dapil Sumbar 1 tersebut, lanjut Tri, akan disalurkan kepada 25 kelompok tani yang tersebar di tujuh kecamatan di Solsel. Pihaknya berharap, kelompok tani dapat memanfaatkan bantuan tersebut sesuai fungsinya.

Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan, upaya menyejahterakan masyarakat Solok Selatan, berarti sama dengan menyejahterakan petani. Hal ini katanya, karena mayoritas masyarakat di Solsel berprofesi sebagai petani.

"Sekitar 80 persen masyarakat Solsel merupakan petani, menyejahterakan mereka sudah termaktub dalam visi misi Pemkab Solsel yang Sejahtera dan Religius," ujarnya.

Sementara, Hermanto yang memfasilitasi bantuan tersebut mengaku, penyaluran bantuan itu tak terlepas dari keseriusan Presiden RI, Joko Widodo dalam menggalakkan program swasembada pangan.

Baca juga: BUPATI PESSEL Serahkan Alsintan Jenis Pompa Air ke Masyarakat

"Swasembada pangan itu artinya produksi pangan melebihi kebutuhan pokok pangan secara nasional. Ini program pemerintah pusat. Sementara, pemberian bantuan ini selain bertujuan untuk meningkatkan produksi juga merupakan pemenuhan janji berjamaah. Janji saya, Pemda Solsel dan wakil rakyat di Solsel," katanya. (rls)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: