Akses Transportasi Sulit: 4 Nagari di Solsel Belum Terima Rastra

Jumat, 21 Juli 2017, 11:28 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
Akses Transportasi Sulit: 4 Nagari di Solsel Belum Terima Rastra
Sarana transportasi menuju daerah sulit dijangkau di Solok Selatan yakni sampan dengan mesin tempel yang dikenal dengan sebutan tempek oleh masyarakat setempat. Cukup banyak daerah yang dijangkau dengan Tempek ini terutama di sepanjang aliran Batang Hari.

VALORAnews - Empat nagari di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat belum terima beras sejahtera (Rastra). Hal itu karena terkendala lokasi dan angkutan, terutama untuk daerah perairan dan terisolir.

Kepala Subbagian Bina Produksi Bagian Ekonomi Setdakab Solok Selatan, Doni Hendra mengaku, ada empat daerah terkait penyaluran Rastra itu membutuhkan waktu dan tidak secepat daerah lainnya di Solok Selatan.

"Keempat nagari itu berada di Kecamatan Sangir Batang Hari (SBH) di bagian wilayah Lubuk Ulang Aling dan Nagari Abai," ujarnya.

Disebutkannya, untuk wilayah Lubuk Ulang Aling ada tiga nagari yang masih belum tersalurkan Rastranya. Itu adalah Nagari Lubuk Ulang Aling, Nagari Lubuk Ulang Tengah dan Lubuk Ulang Aling Selatan.

Baca juga: Bapemperda DPRD Solok Selatan Pelajari Kiat DPRD Sumbar Susun Propemperda

"Penyebab belum tersalurkan, sulitnya akses transportasi ke daerah itu. Akses satu-satunya melalui aliran sungai menggunakan perahu motor atau tempek," katanya.

Menurutna, karena jarak lokasinya yang jauh dari Bulog Subdivre Solok, maka khusus di tiga Nagari Lubuk Ulang Aling, pendistribusian Rastranya dialihkan dari Sijunjung karena lebih dekat. Artinya dari 39 nagari di Solsel hanya ada 36 nagari yang pendistribusian Rastra dari Bulog Subdivre Solok.

"Untuk pendistribusian Rastra di 36 nagari ini, juga belum sepenuhnya tuntas. Hingga Saat ini masih berlangsung pendistribusian di lapangan," jelasnya. (dky)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: