3 Miliar Disediakan untuk Aspal Jalan Poros Teluk Air Putih ke Simpang PB via Tandai

Rabu, 19 Juli 2017, 15:08 WIB | Wisata | Kab. Solok Selatan
3 Miliar Disediakan untuk Aspal Jalan Poros Teluk Air Putih ke Simpang PB via Tandai
Wakil Bupati Solsel, Abdul Rahman dalam kunjungan kerjanya ke daerah terisolir, kerap menumpang sepeda motor warga. (humas)

VALORAnews - Pada tahun anggaran 2017 ini, Pemkab Solok Selatan, mengalokasikan anggaran sebesar Rp3 miliar untuk perbaikan jalan poros Teluk Air Putih ke Simpang PB via Tandai.

Ini merupakan tahun kedua Pemkab Solok Selatan mengalokasikan anggaran perbaikan, sejak jalan itu lepas dari zona khusus Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) pada 2015 lalu.

"Selama ini, jalan sepanjang 7 kilometer dari Teluk Air Putih hingga Jorong Tandai itu, tergolong rusak berat. Namun, Pemkab Solok Selatan tidak bisa berbuat apa-apa. Karena, jalan tersebut masuk kedalan zona khusus TNKS secara regulasi Pemkab Solok Selatan tidak bisa melakukan perbaikan," ungkap Wakil Bupati Solok Selatan, H Abdul Rahman, Rabu (19/7/2017).

Jika jalan itu dipaksakan untuk diperbaiki dengan dana Pemkab, terang dia, secara otomatis akan melanggar aturan yang ada. Setelah melalui pengusulan oleh Pemkab Solok Selatan, akhirnya pada tahun 2015 lalu, status jalan tersebut beralih jadi zona pemanfaatan hingga bisa dilakukan perbaikan.

Baca juga: Bapemperda DPRD Solok Selatan Pelajari Kiat DPRD Sumbar Susun Propemperda

"Pada 2016 lalu, telah kita lakukan pengaspalan hot mix sepanjang 2 kilometer beserta perbaikan drainasenya. Tahun ini kembali kita lakukan penyambungan jalan hot mix tersebut," kata dia.

Dia mengatakan, Pemkab Solok Selatan menargetkan tiga tahun kedepan, jalan poros Teluk Air Putih menuju Simpang PB via Tandai tersebut akan selesai diperbaiki dengan kondisi hot mix.

"Artinya, masyarakat Jorong Tandai akan terbebas dari keterisoliran. Akses menuju daerah itu tidak lagi sulit," jelasnya. (dky)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: