Emzalmi Hadiri HUT Kota Hildesheim sekaligus Tindaklanjuti Kerjasama

Senin, 22 Juni 2015, 14:26 WIB | News | Kota Padang
Emzalmi Hadiri HUT Kota Hildesheim sekaligus Tindaklanjuti Kerjasama
Wakil Walikota Padang, H Emzalmi dan rombongan, Jumat (19/6/2015) berfoto dengan jajaran Pemerintah Kota Hildesheim, Jerman yang merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1200 kota yang telah menjalin sister city dengan Kota Padang sejak 1988 itu. (Humas Pemko

VALORAnews - Wakil Walikota Padang, H Emzalmi dan rombongan, bertolak ke Jerman menghadiri undangan Pemerintah Kota Hildesheim. Undangan ini dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-1200 kota Hildesheim yang telah menjalin sister city dengan Kota Padang sejak 1988.

Menurut Emzalmi, Pemko Padang telah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, yang sangat mendukung dan menganggap penting hubungan antara Kota Padang dan Kota Hildesheim. Melalui Direktorat Jenderal Amerika Eropa dan Konsulat Jenderal RI di Hamburg, Sylvia Arifin, memberikan dukungan penuh terhadap kehadiran Pemerintah Kota Padang pada peringatan hari jadi Kota Hildesheim yang ke-1200 tahun tersebut.

Pada 2012 lalu, Pemko Padang dan Hildesheim sudah menyepakati materi kerjasama, yaitu Pertukaran siswa level sekolah menengah, Kesempatan magang bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada industri-industri terkemuka di Hildesheim dan bantuan tenaga ahli untuk revitalisasi bangunan-bangunan bersejarah (heritage buildings) di Kota Padang agar bisa masuk kedalam UNESCO Heritage List.

Berdasarkan itu, Emzalmi kembali menindaklanjuti butir-butir kerjasama tersebut dengan menandatangani kesepakatan Minutes of Meeting (MoM) dengan Walikota Hildesheim Dr Ingo Meyer di di Balaikota Hildesheim, Jumat (19/6/2015).

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Penandatanganan Kesepakatan Kerjasama di tiga bidang tersebut, disaksikan Konsul Jenderal RI di Hamburg Sylvia Arifin, Utusan Ditjen Amerika Eropa Novatiara yang khusus ditugaskan untuk mendampingi Delegasi Pemerintah Kota Padang dan Rektor Universitas Bung Hatta Prof Niki Lukviarman serta para Kepala SKPD terkait materi kerjasama yaitu Kadisperindagtamben Hendrizal Azhar, Kadis Pendidikan Habibul Fuadi dan Kadisbudpar serta Staf Khusus Walikota Bidang Hubungan Luar Negeri, Hendri Agung.

Dijelaskan Emzalmi, menindaklanjuti penandatanganan kesepakatan tersebut, Pemerintah Kota Hildesheim telah mengagendakan kunjungan-kunjungan ke industri-industri di Hildesheim yang memungkinkan untuk menjadi tempat magang, bangunan-bangunan bersejarah (Heritage Buildings) yang telah diakui UNESCO dan pertemuan dengan perwakilan-perwakilan sekolah yang berpotensi menjadi partner Pemko Padang dalam pertukaran pelajar.

Selain itu, Emzalmi juga mengusulkan kerjasama di bidang maritim seperti pembangunan galangan kapal dan pelabuhan, pengelolaan di sektor pariwisata dan perikanan di Kota Padang. Ide tersebut disambut baik Konjen RI Hamburg yang berjanji akan memfasilitasi investor di bidang-bidang tersebut.

Delegasi Pemerintah Kota Padang juga mendapat kesempatan untuk mengadakan pertemuan dengan para walikota beserta rombongan dari kota lain yang menjadi Sister City dari Kota Hildseheim. Serta pertemuan dengan President University of Hildesheim, guna membahas peluang-peluang dan potensi yang dapat dikerjasamakan.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Masih dalam rangkaian perayaan hari jadinya yang ke-1200 tahun ini, Pemerintah Kota Hildesheim juga mengadakan malam kesenian dan Festival Taman Magdalenen Fest. Pada acara malam kesenian dan Festival Taman tersebut, seluruh Sister City dari Kota Hildesheim diberi kesempatan untuk menampilkan kesenian dan kuliner khas daerahnya masing-masing.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: