40 Purna Praja IPDN Studi Lapangan di Pemko Padangpanjang

Rabu, 19 April 2017, 09:02 WIB | News | Kota Padang Panjang
40 Purna Praja IPDN Studi Lapangan di Pemko Padangpanjang
Wako Padangpanjang, Hendri Arnis bersama Kepala Pusdiklat Regional Bukittinggi, Suroyo dan pejabat Pemko Padangpanjang lainya, foto bersama dengan 40 Purna Praja IPDN yang akan melaksanakan studi lapangan pelatihan dasar golongan III purna praja IPDN angk

VALORAnews -- Pemko Padangpanjang menerima 40 peserta studi lapangan pelatihan dasar golongan III purna praja/alumni IPDN angkatan ke-23. Mereka disambut Walikota Padangpanjang, Hendri Arnis, di Hall lantai III balai kota, Selasa (18/4/2017).

Hendri Arnis dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga, atas dipilihnya Pemko Padangpanjang sebagai lokasi pelatihan dasar CPNS Golongan III Purna Praja IPDN. Ia juga menyampaikan, pelatihan dasar merupakan bagian dari pembelajaran yang diharapkan mampu menambah kemampuan dan pengalaman para Purna Praja, sebelum ditempatkan di berbagai daerah.

"Untuk jadi pengayom masyarakat, bukanlah hal yang sulit. Kuncinya tergantung pada kemauan dari diri kita masing masing. Kalau kita mau jadi pelayan, maka kita akan bisa melayani masyarakat," ungkap Hendri Arnis dalam pertemuan yang dihadiri Kepala Pusdiklat Regional Bukittinggi, Suroyo, para asisten, staf ahli, Kepala OPD, Camat dan lurah se-Padangpanjang dan undangan lainnya

Para purna praja IPDN tersebut akan melaksanakan studi lapangan selama 72 hari. Mereka berasal dari sejumlah daerah, Aceh, Sumatera Utara, Riau dan Sumatera Barat. Nantinya mereka akan ditempatkan disejumlah SOPD, guna mengimplementasikan ilmu yang didapat selama pendidikan.

Baca juga: Hendri Septa "Jemput Bola" Tampung Aspirasi Kelurahan

Para Purna Praja akan merumuskan sejumlah solusi, terhadap suatu masalah yang dirangkum dalam sebuah makalah untuk dipresentasikan di sekolah mereka nantinya. Hasil makalah tersebut, diharapkan jadi bekal dalam menjalankan tugas sebagai calon pemimpin birokrasi.

Dikatakan Hendri, tak cukup hanya pandai dalam ilmu pengetahuan, purna praja IPDN diharapkan bisa berpandai-pandai dalam lingkungan kerja pemerintahan maupun dalam bermasyarakat. "Sepandai-pandai kita sekolah, mendapatkan gelar yang paling tinggi sekalipun, kalau jiwanya tak ada jiwa melayani maka jangan bermimpi jadi abdi masyarakat," sebutnya.

Kepada pimpinan SOPD yang ditunjuk sebagai tempat studi lapangan, Hendri Arnis meminta, agar dapat mementori dan membimbing para Purna Praja selama studi lapangan. "Saya pesankan, kiranya bantu adik-adik kita dalam melaksanakan studi lapangan," katanya. (rls/bri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: