Praja Perempuan jadikan Satpol PP Padang lebih Humanis

Jumat, 07 April 2017, 18:25 WIB | News | Kota Padang
Praja Perempuan jadikan Satpol PP Padang lebih Humanis
Personel Satpol PP Padang, juga mulai menugaskan kaum perempuan di dalam aksi penertiban. Hal ini bertujuan untuk mengubah image Satpol PP jadi lebih humanis. (facebook Tatha Vanzaken)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang tak hanya diisi personel dari kaum adam. Berwajah garang dan berotot. Seiring waktu, paradigma penertiban yang juga berubah, maka personel Satpol PP juga mesti tampil lebih humanis.

Untuk tampil lebih humanis ini, salah satunya diwujudkan dengan merekrut petugas atau praja perempuan. Mereka mengisi posisi yang sebelumnya dihuni kaum adam. Di Setdako Padang, praja perempuan, sudah bertugas sejak beberapa tahun belakangan ini.

Untuk perekrutan praja perempuan memang tak mudah. Tidak asal comot saja. Harus mengikuti proses seleksi yang sama dengan praja pria. Praja perempuan punya tugas 'khusus' dalam setiap operasi maupun patroli. Bertugas melakukan pendekatan ke wanita dan anak-anak. Wajah keibuan praja perempuan dipandang dapat mencairkan suasana.

"Kalau ada penangkapan terhadap wanita, praja wanita yang langsung mengambil. Tidak boleh praja pria," ujar Kepala Satpol PP Padang, Dian Fakri, Jumat (7/4/2017).

Baca juga: Nongkrong Hingga Larut Malam dengan Teman Pria di Taplau dan Pedistrian Khatib, 7 Perempuan Diamankan

Di antara sekian banyak praja wanita di Satpol PP Kota Padang, sepertinya ada dua praja wanita yang tacelak. Salah satunya Elva Lindra Delita atau akrab disapa Tata. Gadis lajang asal Riau ini telah bertugas di Satpol PP Kota Padang sejak 2014 silam.

Tata punya banyak prestasi. Meski memiliki paras cantik, namun Tata punya keahlian beladiri. Gadis kelahiran 1989 ini merupakan atlet Judo dan pernah meraih medali perak pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar beberapa waktu lalu.

Tidak itu saja, pemilik akun facebook @Tatha Vanzaken ini pun pernah menyumbangkan prestasi bagi institusinya. Tata bersama rekan lain membawa nama Satpol PP di kancah kejuaraan dayung internasional Dragon Boat ke-14. Saat itu Satpol PP Padang menyabet juara satu.

"Risiko kerja ya digodain oleh kaum adam, tapi saya tidak ambil pusing," ungkap wanita tamatan Fakultas Hukum Universitas Taman Siswa itu.

Baca juga: RUSMA YUL ANWAR: Satpol PP Sangat Dibutuhkan Jaga Ketertiban Umum


Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024