Sambut MEA, Irman: Poros Politik Sumbar Jakarta, Poros Ekonomi Internasional

Senin, 15 Juni 2015, 11:41 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
Sambut MEA, Irman: Poros Politik Sumbar Jakarta, Poros Ekonomi Internasional
Ketua DPD RI, Irman Gusman diwawancarai wartawan, usai jadi keynote speach dalam simposium yang digelar DPRD Sumbar, Senin (15/6/2016) dalam rangka mempersiapkan daerah menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA). (Humas DPRD Sumbar)

VALORAnews - Daerah dengan sumber daya alam (SDA) besar, sekarang ini mengalami pertumbuhan ekonomi yang sangat rendah. Beruntung Sumbar tak memiliki SDA yang besar sehingga tidak mengalami masalah dengan pertumbuhan ekonomi.

Demikian dikatakan Ketua DPD RI, Irman Gusman saat jadi keynote speaker dalam simposium yang digelar DPRD Sumbar, Senin (15/6/2016) dalam rangka mempersiapkan daerah menghadapi masyarakat ekonomi Asean (MEA).

Salah satu sektor yang bertahan dan tanpa mengalami krisis, terang Irman, yaitu sektor pariwisata. "Potensi pariwisata kita tak kalah dengan daerah manapun di Indonesia maupun belahan dunia lainnya," terang Irman.

Dicontohkan dengan keelokan Danau Maninjau dengan danua di negara Swiss. Begitu juga dengan Raja Ampat, yang tak lebih eksotis dengan kawasan wisata bahari terpadu (KWBT) Mandeh di Pessel.

Baca juga: Bimtek Penguatan Kebudayaan, Supardi Ajak Tungku Tigo Sajarangan Ikut Selesaikan Persoalan Sosial

Irman pun menyatakan, secara politik Sumbar memang harus berporos pada Jakarta. Namun, untuk urusan ekonomi, kiblat kita seharusnya ke Malaysia, Singapura dan negara asing lainnya.

"Pariwisata itu memiliki potensi yang masih belum tergarap. Jangan kita berpikir negatifnya saja tapi mari kita bersiap menyongsong MEA tanpa merusak keaslian kebudayaan kita," terangnya.

Simposium ini dimoderatori tokoh Muhammadiyah Sumbar, Syofyan Karim. Juga hadir seluruh pimpinan dan anggota DPRD Sumbar. Muspida, direksi BUMD serta BUMN yang ada di Sumbar. Utusan kepala daerah se-Sumbar juga hadir dalam simposium yang digelar di ruang sidang utama DPRD Sumbar. (kyo)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: