Padang Gelar Workshop Jarlitbang Pendidikan

Jumat, 17 Maret 2017, 09:52 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Padang Gelar Workshop Jarlitbang Pendidikan
Asisten II Bidang Ekbang Kesra, Hermen Peri, membuka Workshop Jaringan Penelitian dan Pengembangan (Jarlitbang) Pendidikan, di sebuah hotel di Padang, Kamis (16/3/2017). (humas)

VALORAnews -- Bappeda Setdako Padang, menggelar Workshop Jaringan Penelitian dan Pengembangan (Jarlitbang) Pendidikan Kota Padang 2017 dengan mengangkat tema "Kajian Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Peningkatan Kompetensi Guru yang Berkelanjutan."

Kegiatan ini dibuka Asisten II Bidang Ekbang Kesra, Hermen Peri, diikuti kepala sekolah tingkat SMP, SD, TK serta Kepala UPTD se-Kota Padang.

Dikatakan Hermen, Workshop Jarlitbang Pendidikan ini, diharapkan semua peserta bisa mengambil ilmu dan pengalaman dari narasumber, di samping mendiskusikan isu-isu aktual demi kemajuan dan perkembangan pendidikan di Kota Padang.

"Semoga, melalui forum pertemuan ini semakin meningkatkan mutu dan kualitas proses pendidikan kita di Kota Padang ke depan," ujarnya sewaktu membuka kegiatan yang dilangsungkan di sebuah hotel, Kamis (16/3/2017) itu.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Hermen menyebutkan, workshop Jarlitbang Pendidikan penting dilakukan sebagai wadah berhimpunnya para praktisi maupun pemerhati yang membahas kemajuan dan fenomena dalam dunia pendidikan.

"Kegiatan ini diharapkan, juga dapat mengungkapkan berbagai permasalahan yang terjadi serta upaya strategi kebijakan yang perlu ditangani dalam peningkatan pendidikan ke depan. Baik dari segi peningkatan mutu pendidikan, sarana dan prasarana, kualitas SDM maupun kualitas pendidikan itu sendiri," tuturnya.

Sementara, Ketua Dewan Pendidikan Padang, M Nur Amin berpendapat, workshop Jarlitbang pendidikan tersebut ada beberapa hal yang sangat penting dibahas. Yaitunya, khusus bagi seorang guru itu diwajibkan harus memegang 4 kompetensi yakni pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional.

"Dengan memegang 4 kompetensi, berarti guru itu sudah dinyatakan layak sebagai pengajar dan pendidik. Sehingga, manfaat seorang guru di dalam lokal betul-betul dirasakan peserta didik dan proses pembelajaran betul-betul optimal," tukasnya.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Kepala Bidang Sosial Perencanaan dan Kebudayaan Bappeda Padang, Hermansyah selaku panitia pelaksana menyebutkan, tujuan kegiatan ini secara umum yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan insiatif sekolah dalam mengelola dan memberdayakan sumber daya manusia (SDM) yakni para guru.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: