Bambang: Penghargaan ini Award bagi Daerah

Sabtu, 13 Juni 2015, 14:18 WIB | News | Kota Padang
Bambang: Penghargaan ini Award bagi Daerah
Menteri Pariwisata, Arief Yahya menyerahkan penghargaan Indonesia's Attractiveness Award 2015 Kota Potensial kategori pariwisata pada Wako Padang, H Mahyeldi di Ballroom I Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Jumat (12/6) malam. (Humas Pemko Padang)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Direktur Utama Tempo Media Group, Bambang Harymurti mengatakan, dalam penilaian penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2015 yang dilakukan, pihaknya menggandeng Frontier Consulting Group untuk meneliti dan mensurvei daerah-daerah yang ada di Indonesia.

"Kami memilih partner yang tidak sembarangan. Kinerja Frontier sudah diakui dan layak dipercaya. Beranjak dari itu kami melakukan kajian sehingga hanya beberapa daerah yang layak untuk ikut dalam penilaian penghargaan ini," katanya.

Metode survei yang digunakan dalam Attractiveness Award ini yakni dengan melihat kontribusi PDRB pada 508 kabupaten/kota di Indonesia, kemudian surveinya mengerucut hingga jadi 112 kabupaten/kota. Terus mengerucut lagi melalui empat indikator utama penilaian yakni investasi, infrastruktur, pariwisata dan pelayanan publik.

Sehingga, menghasilkan penghargaan terhadap kota terbaik. Survei ini dilakukan Tempo dan Frontier dengan melibatkan 9,296 responden yang terdiri 336 investor dan 8.960 publik. Kemajuan dan daya saing daerah, terangnya, ditentukan pelayanan publik, ketersediaan infrastruktur, peningkatan pariwisata dan ketertarikan investor.

Baca juga: Bupati Agam Terima Penghargaan dari Tempo Kategori Aksesibilitas Pendidikan dan Peningkatan SDM

"Award ini merupakan apresiasi terhadap kepala daerah untuk lebih termotivasi memberikan pelayanan terhadap masyarakatnya masing-masing," ujar Handi Irawan, CEO Frontier, dalam siaran pers yang dilansir Pemko Padang beberapa saat lalu.

Ditambahkan Handi Irawan, award ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kepala daerah untuk menjadikan daerahnya sebagai tujuan investasi dan pembangunan. "Cara tercepat untuk itu adalah dengan membuat brand making, seperti ini." ujarnya. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: