Inilah Iven Pariwisata di Padang Sepanjang 2017

Rabu, 01 Maret 2017, 10:40 WIB | News | Kota Padang
Inilah Iven Pariwisata di Padang Sepanjang 2017
Keindahan Pantai Air Manis Padang dengan pantai yang landai serta pasirnya yang lembut. Kawasan ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kota Padang. (mangindo kayo/valoranews)

VALORAnews - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Setdako Padang, Medi Iswandi menyebut, sebanyak 15 iven besar akan digelar di Padang sepanjang 2017 ini.

"Agenda paling akbar bertaraf internasional yang diadakan di Padang dari 15 iven itu yakni pertemuan ulama se-Asia Tenggara pada 16-23 Juli 2017. Pertemuan ini menghadirkan cukup banyak tamu dari sejumlah negara se-Asia Tenggara," kata Medi Iswandi, Selasa (28/2/2017).

Selain itu, Kota Padang juga jadi tuan rumah penyelenggaraan 'Minangkabau Halal Tourism Fair.' Kegiatan ini dilaksanakan pada September 2017. "Pada bulan yang sama juga digelar Musyawarah Besar Dewan Ekonomi Syariah Indonesia," papar Medi.

Diterangkan Medi, pada awal 2017 ini, sebenarnya sudah digelar sejumlah iven yang telah terangkum ke dalam kalender wisata Kota Padang. Seperti 'Festival Anak Nagari' yang dilaksanakan pada 6-8 Februari lalu. Kemudian, iven 'Pendirian dan Pengembangan Industry Kreatif Parwisata' pada 27 Februari hingga 2 Maret.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Sementara, agenda kegiatan wisata paling banyak dilaksanakan pada April. Dimana, sepanjang April itu ada lima agenda digelar. "Pada April kita juga akan memecahkan rekor Muri," sebut Medi.

Agenda yang digelar pada April itu yakni 'Lomba Selaju Sampan,' 12-15 April di Banda Bakali. Kemudian pemecahan rekor Muri penampilan '1000 Baju Kuruang Basiba' yang diadakan di Pantai Padang. Termasuk 'Festival Sitti Nurbaya' yang dilaksanakan pada 13-17 April di Pantai Padang.

"Kita juga melaksanakan Pemilihan Uda dan Uni Kota Padang pada 17-29 April di Hotel Kyriad Bumiminang. Serta Padang Fair pada 28 April hingga 8 Mei," papar Medi.

Selain itu, pada Juli 2017 juga digelar balap sepeda internasional 'Tour de Singkarak.' Padang akan jadi lokasi finish yang mengambil tempat di Pantai Cimpago. Pada Juli itu, Padang juga jadi tuan rumah lomba qasidah Lasqi se-Indonesia.

Baca juga: Mendagri Tunjuk Andree Harmadi Algamar jadi Pj Wali Kota Padang, Ini Empat Larangan yang Tak Boleh Dilanggar

Agenda lain, 'Festival Dragon Boat Internasional' dilaksanakan pada 1 Agustus 2017. Kegiatan berskala besar ini digelar di Banda Bakali. Sedangkan pada 6 Agustus nanti juga dilaksanakan pawai telong-telong yang dipusatkan di Pantai Cimpago.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: