Kota Padang Rancang Sekolah Ramah Anak

Selasa, 28 Februari 2017, 19:44 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Kota Padang Rancang Sekolah Ramah Anak
Asisten III Setdako Padang, Corri Saidan, membuka orientasi Konvensi Hak Anak (KHA) melalui inisiasi sekolah ramah anak, Selasa (28/2/2017) di Padang. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Asisten III Setdako Padang, Corri Saidan mengungkapkan, Kota Padang telah menyandang prediket Kota Layak Anak (KLA) kategori madya tiga kali berturut-turut, dalam beberapa tahun belakangan. Untuk naik level ke tingkat utama, perlu dilakukan berbagai upaya pembenahan.

"Salah satunya, menyiapkan sekolah ramah anak," kata Corri usai membuka kegiatan orientasi Konvensi Hak Anak (KHA) melalui inisiasi sekolah ramah anak, Selasa (28/2/2017) di Padang.

Orientasi yang diinsiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) ini, diikuti 40 kepala sekolah di Kota Padang. Juga hadir Kepala UPT Dinas Pendidikan kecamatan se-Kota Padang, Forum Anak Kota Padang, perwakilan OPD terkait serta pihak terkait lainnya.

Dikatakan Corri, Pemko Padang telah menyiapkan baik fisik atau non fisik sekolah ramah anak ini. Mulai dari rencana penganggaran, kemudian menyinergikan berbagai program kegiatan yang ada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait melalui DP3AP2KB, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan maupun Dinas PUPR.

Baca juga: DPRD Padang Sahkan Peraturan Tata Tertib dan 4 Pimpinan Defenitif

"Kita inginkan, Padang nantinya betul-betul layak secara kualitas dan kuantitas sebagai kota yang ramah anak. Salah satunya dengan menyiapkan sekolah-sekolah yang ramah anak di kota ini," tukasnya.

Sementara, Kepala DP3AP2KB Padang, Muji Susilawati menyebutkan, selain memberikan pemahaman akan konsep, orientasi ini sekaligus untuk membangun komitmen bersama menciptakan sekolah ramah anak dengan prinsip pemenuhan hak bagi anak.

Hasil yang akan dicapai yaitu, bagaimana tersosialisasikannya KHA di bidang pendidikan, kemudian terpenuhinya hak anak atas pendidikan, sehingga jumlah sekolah ramah anak dapat terus meningkat.

"Tak hanya itu, permasalahan kekerasan terhadap anak di lingkungan sekolah kita harapkan juga bisa menurun. Sehingga, dapat terlaksananya pengembangan Kota Padang sebagai kota layak anak di masa-masa datang," tukasnya. (rls/vri)

Baca juga: Ketua DPRD Padang 2024-2029 Diemban Muharlion, Wakil Ketua Dijabat Mastilizal Aye, Osman Ayub dan Jupri

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: