Rino: Tim Gabungan Bakal Razia Lembaga Penyiaran

Rabu, 11 Maret 2015, 08:02 WIB | Olahraga | Provinsi Sumatera Barat
Rino: Tim Gabungan Bakal Razia Lembaga Penyiaran
Payakumbuh FM merupakan salah satu tujuan pengawasan yang digelar komisioner KPID Sumbar, kemarin (i

VALORAnews - Ketua bidang Pengawasan KPID Sumbar, Rino Zulyadi menekankan, direksi perusahaan lembaga penyiaran (LP) Radio segera melengkapi berkas perizinan yang belum tuntas. Karena, kedepan akan ada penertiban rutin dari Kemenkominfo RI dengan tim gabungan termasuk KPID.

"Jangan sampai banyak LP Radio yang disegel dan disita pemancarnya. Pengawasan yang dilakukan sekarang ini, merupakan bentuk pembinaan KPID Sumatera Baraty kepada Lembaga Penyiaran (LP)," terang Rino dalam pernyataan tertulis yang diterima, Rabu (11/3/2015).

Diharapkan Rino, LP Radio, LP TV Kabel maupun TV lokal di Sumatera Barat, arif menyikapi aturan dan ketentuan yang ada. "Media penyiaran ini dapat mendidik masyarakat, sekaligus juga bisa merusak jika disalahgunakan," kata Rino yang juga Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumbar itu.

Dalam pengawasan itu, KPID Sumatera Barat juga menyerahkan buku Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI, pada LP penyiaran. Tujuannya, agar dapat dipahami ketentuan mengenai perilaku penyiaran dan standar aturan tentang program siaran.

Baca juga: Literasi Media KPID Sumbar, Supardi: Peran Bundo Kanduang Dibutuhkan Atasi Dampak Negatif Siaran

"Dengan adanya buku P3SPS ini, lembaga penyiaran di daerah kita ini tidak keluar dari norma agama, adat, etika dan aturan dalam menyampaikan program-program siaran ke masyarakat," harap Rino. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: