Kominfo Padang Tumbuhkan Jiwa Korsa dan Korps

Selasa, 07 Februari 2017, 09:41 WIB | News | Kota Padang
Kominfo Padang Tumbuhkan Jiwa Korsa dan Korps
Kepala Dinas Kominfo Padang, Didi Aryadi. (humas)

VALORAnews - Kepala Dinas Kominfo Padang, Didi Aryadi mengajak seluruh stafnya, mengikuti ajang perkenalan di Anai Resort, Sabtu hingga Minggu (25-26/2/2017). Momentum ini diharapkan bisa menjadikan setiap staf di Dinas Kominfo, merasa satu korps dan korsa.

"Kita semua merupakan satu keluarga, kenapa demikian, karena semua pegawai lebih banyak menghabiskan waktu di kantor daripada di rumah masing-masing," terang Didi Aryadi seputar latar belakang rencana perkenalan ke luar kota itu.

Setiap hari, ungkap Didi Aryadi, mulai pukul 06.00 WIB, setiap ASN telah mempersiapkan diri untuk berangkat ke kantor. Pukul 07.30 WIB mengikuti apel pagi, jelang mengawali pekerjaan yang akan dilaksanakan setiap harinya. Setelah itu pulang dari kantor, paling cepat pukul 16.30 WIB dan sampai di rumah sekitar pukul 17.00 WIB.

"Semua pegawai lebih lama berada di kantor, sedangkan di rumah mulai jelang magrib hinga pukul 23.00 WIB tidur dan pagi bangun kembali serta berangkat lagi ke tempat tugas/ke kantor. Begitu seterusnya. Artinya, semua kita lebih banyak bergaul dalam keseharian di kantor," terangnya didampingi Tarmizi Ismail (sekretaris) serta Swesti Fantoni (Kabid Kominfo Statistik dan Persandian), Syuhadi (Kabid Infrastruktur dan Komunikasi Data), Elfi Herawati (Kabid Aplikasi dan Sistem Informasi).

Baca juga: Diskominfo Agam Fasilitasi Absensi Online Petugas Disparpora di 4 Destinasi Wisata

Lamanya waktu bersama itu, diharapkan Didi, tidak terjadi cek-cok diantara sesama. "Saliang indak bakalamaan, apalagi gara-gara absen. Soalnya semua berinteraksi selama berada di kantor. Apalagi masing-masing berasal dari kampung yang berbeda serta latar belakang pendidikan yang berbeda pula, ada yang lama dinas hingga 30 tahun lebih serta ada pula yang baru," ungkap Didi.

"Hal ini perlu saling dijaga dan dibentuk kekompakan pada Dinas Kominfo Padang," ucap Didi yang juga mantan Asisten II itu.

Kalau tidak ada kekompakan, menurut Didi, akan sulit mewujudkan Tupoksi dari OPD ini. Tantangan OPD Kominfo cukup komplek terutama mewujudkan pelaksanaan smart city berjalan dengan baik. "Ini semua secara perlahan diupayakan dan direalisasikan. Jadi jalan ke arah smart city itu telah dimulai, tentu butuh kesungguhan dari semua pegawai Kominfo," tukasnya.

Jalan menuju ke arah Smart City/kota cerdas adalah disiplin. Disiplin dengan harus datang pagi, tidak ada untuk tidak bisa datang pagi serta tidak ada pula alasannya. Guna apel pagi ini, terangnya, untuk memastikan keberadaan semua ASN dalam keadaan sehat dan baik.

Baca juga: LKPP RI Gelar Survei Kepuasan Masyarakat di Padang

"Saya masih ingat empat tahun lalu, ada salah seorang staf di salah satu SKPD meninggal dunia. Tidak satu orangpun yang tahu, kebetulan ia memang tinggal sendiri. Kebiasaan, dia memang tidak pernah apel pagi, sehingga tidak jadi perhatian teman-temannya. Rupanya, telah seminggu meninggal di kamarnya," ungkap Didi seputar pentingnya apel pagi ini. (rls/vri)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: