Sekolah Cerdas Bencana Diluncurkan

Sabtu, 04 Februari 2017, 20:25 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
Sekolah Cerdas Bencana Diluncurkan
Kepala BPBD Padang, Edi Hasymi (batik kuning) disela-sela peluncuran Program Sekolah Cerdas Bencana di SMP Pembangunan UNP, Jumat (3/2/2017). (humas)

VALORAnews - Program sekolah cerdas bencana, merupakan upaya membangun budaya kesiagaan sekolah terhadap bencana. Siaga sebelum ada bencana, disaat bencana maupun setelah terjadinya bencana.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang, Edi Hasymi disela-sela peluncuran Program Sekolah Cerdas Bencana di SMP Pembangunan UNP, Jumat (3/2/2017).

Dijelaskan, peluncuran program tersebut untuk menggugah kesadaran pihak sekolah dan penyelenggara pendidikan akan pentingnya mitigasi bencana. Membangun budaya kesiagaan bencana memerlukan pengetahuan tentang bencana, mitigasi bencana dan zona aman di sekolah ataupun di sekitar sekolah.

"Kehadiran sekolah cerdas bencana, sebagai bentuk pengembangan jejaring bersama pemangku kepentingan kebencanaan," ujar Edi.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

Ditambahkan, melalui kerjasama itu, sosialisasi mitigasi, pengembangan pengetahuan insan pendidikan terhadap bencana menjadi mudah untuk dilakukan. "Ketika program tersebut terlaksana, kita akan memberikan sertifikasi sekolah cerdas bencana," tutur Edi.

Sementara, Direktur Sekolah Pembangunan UNP, DR Nurhamsyah mengatakan, bertekad untuk memelopori program sekolah cerdas bencana ke sekolah lainnya, karena program ini sangat penting untuk kesiapan pelajar dan guru dalam menghadapi bencana.

Peluncuran program sekolah cerdas bencana, juga diisi dengan kegiatan sosialisasi tentang mitigasi bencana yang dimotori Relawan Siaga Bencana Parupuk Tabing. Turut diikuti kepala sekolah, majelis guru dan siswa siswi SMP Pembangunan UNP. (rls/vri)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: