Tagana Harus Tahan Batanggang

Jumat, 20 Januari 2017, 19:39 WIB | News | Kota Padang
Tagana Harus Tahan Batanggang
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo foto bersama dengan pengurus Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Padang periode 2017-2020, dilantik Walikota Padang H Mahyeldi Dt Marajo, Kamis (19/1/2017). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Pengurus Forum Koordinasi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Padang periode 2017-2020, dilantik Walikota Padang H Mahyeldi Dt Marajo, Kamis (19/1/2017). Mahyeldi berharap, seluruh Tagana bisa tahan banting dalam bertugas.

"Tagana harus tahan batanggang (begadang), tahan panas dan dingin," kata Mahyeldi saat memberi sambutan di palanta kediamannya.

Dikatakan, selaku relawan penanggulangan bencana, Tagana diminta siap menghadapi kondisi yang paling ringan hingga kondisi terburuk menghadapi bencana. Tagana dibentuk untuk mendayagunakan dan memberdayakan generasi muda dalam penanggulangan bencana.

"Tagana membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana, baik sebelum, pada saat dan sesudah terjadinya bencana," ungkap Mahyeldi.

Baca juga: Dies Natalis ke-42 Jurusan Kesling Poltekkes Padang, Ini Tantangan dari Gubernur Sumbar

Diakui Mahyeldi, Padang termasuk daerah potensi bencana. Karena itu, keberadaan Tagana cukup tepat sebagai relawan penanggulangan bencana.

"Dalam sisi keagamaan, Tagana melaksanakan syariat Islam, karena siap siaga itu sunnah dan syariah," terang Mahyeldi.

Cukup banyak tugas fungsi Tagana dalam bekerja, seperti melaksanakan pemetaan dan pendataan daerah rawan bencana, melaksanakan kegiatan pengurangan risiko bencana di lokasi rawan bencana, termasuk melaksanakan upaya-upaya pemulihan sosial korban bencana.

"Tagana juga bekerja mengidentifikasi dan mendata korban bencana, serta identifikasi kerugian material pada korban bencana dan lainnya," ucap Mahyeldi.

Baca juga: Ini Pesan Mahyeldi untuk Mahasiswa Baru Universitas Ekasakti

Sementara, Kepala Dinas Sosial Sumbar melalui Kabid Bantuan Jaminan Sosial, Irwan Basyir menuturkan, jumlah Tagana Kota Padang termasuk paling banyak dibanding kabupaten/kota lain di Sumbar. Jumlah yang cukup banyak ini diharapkan mampu menjalankan fungsinya dengan baik dalam setiap terjadinya bencana.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: