Wahyu Iramana Putra Terpilih jadi Ketua Dekopinda Padang

Minggu, 15 Januari 2017, 17:06 WIB | News | Kota Padang
Wahyu Iramana Putra Terpilih jadi Ketua Dekopinda Padang
Ketua Dekopinwil Sumbar, Hendra Irwan Rahim mengambil sumpah Wahyu Iramana Putra sebagai ketua Dekopinda Padang, Minggu (15/1/2017). Wahyu terpilih secara aklamasi dalam musda yang digelar di rumah dinas ketua DPRD Sumbar itu. (arnaldi/valoranews)

VALORAnews - Wakil Ketua DPRD Padang, Wahyu Iramana Putra terpilih secara aklamasi sebagai ketua pada arena musyawarah daerah (Musda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Padang, Minggu (15/1/2017). Wahyu langsung dilantik Ketua Dekopinwil Sumbar, Hendra Irwan Rahim usai terpilih.

"Dekopinda Kota Padang, harus bisa jadi contoh dalam pengeloalan koperasi yang ideal di Sumbar mengingat Padang adalah ibu kota provinsi dan jumlah koperasinya juga banyak," ungkap Hendra Irwan Rahim usai pelantikan Minggu sore.

Pelaksanaan sidang-sidang di Musda ini, dipimpin pengurus Dekopin Sumbar, Mirwan Pulungan didampingi Zulkifli Azis (utusan pengurus Koperasi) dan Alex Lincoln (mantan Plt Ketua Dekopinda Padang).

Sementara, Wahyu Iramana Putra mengatakan, jumlah koperasi di Kota Padang ini bisa mencapai angka ribuan. Namun, mayoritas belum sesuai standar sebagaimana diatur dalam UU No 25 Tahun 1992 tentang Koperasi. Yang sudah melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) pada tahun buku 2015, telah mencapai angka 357 unit Koperasi.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024; Wahyu Iramana Putra Berlabuh ke PPP

"Koperasi belum berbadan hukum sesuai UU 25/1999 ini, merupakan tantangan kita kedepan. Ini akan jadi prioritas kita, karena Koperasi merupakan lembaga yang dari, untuk dan bagi masyarakat (anggota-red)," ungkap Wahyu.

Selain itu, Wahyu menyebut, persaingan global dewasa ini harus disikapi dengan memberikan soft skill pada manajer koperasi. Sehingga, mereka bisa bervisi global, guna menghadapi persaingan pasar bebas yang telah berlaku selama 1 tahun terakhir.

"Diperlukan manajer-manajer koperasi yang andal, agar bisa bertarung pada bisnis skala global," ungkap Wahyu.

Selain itu, Wahyu berharap, pengurus koperasi di Kota Padang, bisa bersinergis dengan berbagai program kepemerintahan. (kyo)

Baca juga: Rakerda Dekopinda Padang, Hendra: Saatnya Libatkan Milenial di Koperasi

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: