Yan Andria Pimpin Ikasma Maninjau: Beasiswa untuk Siswa Salingka Danau Digagas

Minggu, 08 Januari 2017, 20:10 WIB | Wisata | Kab. Agam
Yan Andria Pimpin Ikasma Maninjau: Beasiswa untuk Siswa Salingka Danau Digagas
Ketua Umum IKASMA Maninjau demisioner, Syafrul Bakhtiar (baju putih), menyerahkan pataka pada Ketua Umum Ikasma Maninjau periode 2016-2021, Yan Andria usai pengukuhan di Jakarta, Jumat (6/1/2017). (istimewa)

VALORAnews. - Pengurus Ikatan Alumni SMA Maninjau (IKASMA) masa kerja 2016-2021, terbentuk pada Jumat (6/1/2017) usai Musyawarah Nasional (Munas) yang digelar pada 27 November 2016, di Jakarta.

"Tujuan utama ikatan alumni ini adalah sebagai media silaturahmi dan komunikasi para alumni. Misal kalau ada informasi, berita baik atau buruk kita bisa saling memberitahu dan membantu," kata Ketua Umum IKASMA periode 2016-2021, Yan Andria dalam siaran pers yang diterima.

Pada kepengurusan ini, Yan Andria, alumni angkatan '97, terpilih sebagai Ketua Umum menggantikan Syafrul Bahctiar alumni angkatan '88. Yan Andria dibantu oleh tiga orang ketua, sekretaris Umum dan Bendahara Umum.

Ketua I Farid Ermansyah ('97) membidangi Humas dan Teknologi serta Pengembangan Organisasi. Sementara Ketua II Rudi Hartono ('92) membidangi Dana dan Usaha serta Ketua III Kusma Hendra ('98) membidangi Social-Community Development dan pengembangan SDM.

Baca juga: 7 Penerima Beasiswa Baznas Agam Lulus Cumlaude, Ini Kata Isman Imran

Kemudian, jabatan Sekretaris Umum dipegang Leni Susanti ('93) yang dibantu seorang wakil dan terakhir Bendahara Umum Muthya Utami ('96) yang juga dibantu seorang wakil.

Dikatakan Yan Andria, IKASMA juga membantu dan membimbing calon alumni yang dalam hal ini siswa-siswa SMA di Maninjau. Bentuk bantuan yang diberikan di antaranya menyediakan bimbingan belajar (bimbel) untuk siswa sebagai persiapan seleksi masuk perguruan tinggi. Selain bimbel, siswa juga diberi training termasuk konsultasi soal jurusan dan perguruan tinggi.

"IKASMA juga rutin memberikan beasiswa untuk siswa-siswa berprestasi dari SMA Maninjau atau yang bukan dari SMA Maninjau tapi keluarganya merupakan alumni SMA Maninjau. Kita targetkan memberi beasiswa ke sekitar 50 orang siswa berprestasi yang benar-benar membutuhkan dalam 5 tahun ke depan, mungkin dalam satu tahun kita akan memberikan beasiswa kepada 5 sampai 10 orang anak," terang dia.

"Berapa besaran beasiswa itu, belum bisa kita pastikan berapa jumlahnya, dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada pengurusan periode sebelumnya. Insya Allah kami akan tetap melanjutkan prorgam masa kepengurusan Bang Syafrul Bachtiar dan kawan-kawan dulu," kata Yan, demikian dia karib disapa.

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa Pemko Pekanbaru Diperpanjang Hingga 26 Maret 2024

Sementara, terhadap masyarakat Maninjau, bentuk kepedulian IKASMA, dengan membantu korban bencana alam serta menggelar kegiatan donor darah. Secara keseluruhan, kegiatan para alumni ini berupaya memberikan sumbangsih dalam hal jaringan pekerjaan, beasiswa, pelatihan, serta pemberdayaan masyarakat.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: