Tiga Proyek Besar Soal Tata Ruang Dikerjakan di 2015

Rabu, 03 Juni 2015, 15:10 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Tiga Proyek Besar Soal Tata Ruang Dikerjakan di 2015
Sekda Pessel, Erizon.

VALORAnews -- Sekda Pessel, Erizon mengatakan, pada 2015 ini, Pemkab tengah menyusun Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Tapan, Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Rumah Sakit Umum Daerah dan RTBL Carocok Painan.

"Kegiatan ini memerlukan peran masyarakat dalam penyusunannya. Karena, akan memberi manfaat jangka pendek, menengah dan jangka panjang dalam penataan ruang perkotaaan," unkap Erizon saat sosialisasi kebijakan pengendalian dan pengawasan ruang dan pelatihan peningkatkan peran serta masyarakat dan aparat dalam penataan dan pemanfaatan ruang, Rabu (3/6/2015) di Painan.

Menyukseskan agenda itu, Erizon mengajak wali nagari, Bamus dan tokoh masyarakat untuk mendukung kegiatan pemkab. "Peran serta ini akan berdampak pada pencapaian pemanfaatan ruang perkotaaanyang sesuai dengan RT/RW Pesisir Selatan sebagaimana telah diperdakan pada 2011 lalu," terangnya. (Baca: Bencana Tak Lepas dari Diabaikannya Pengelolaan Tata Ruang)

Dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat akan membuka diri terhadap pembelajaran terkait RTRW, RDTR, pemanfaatan ruang dan pengawasan pemanfaatan ruang. Kemudian, mampu mengindentifikasi persoalan lingkungan, peluang-peluang dan pengelola kawasan budidaya dan lindung di lingkungan serta mampu mengorganisasikan diri mendukung pengembangan wadah lokal atau forum masyarakat.

Baca juga: PILKADA 2024: KERAS OMBAK, Sekretaris Perindo Sumbar Maju di Pilkada Pessel

Kegiatan sosialiasasi dan pelatihan ini dengan menampilkan nara sumber dari Dinas Prasjaltarkim provinsi Sumbar Imelda Oscar dan H Elwin A. Sedangkan peserta terdiri dari wali nagari, tokoh masyarakat dan Bamus. (lek)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: