BUMNag Tunas Jaya Sasak Terbaik Nasional

Minggu, 20 November 2016, 00:29 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
BUMNag Tunas Jaya Sasak Terbaik Nasional
Manejer BUMNag Tunas Jaya Sasak, Pasbar, Hari Prima menerima penghargaan dari Menteri Desa, Eko Putro Sandjojo pada Rembug Desa Nasional di Jakarta, pekan kemarin. (istimewa)

VALORAnews - Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Tunas Jaya Sasak, Kabupaten Pasaman Barat, berhasil meraih peringkat terbaik kategori Rintisan Berkembang pada Rembug Desa Nasional 2016. Tempat kedua ditempati BUMDes Karya Usaha, Bengkulu dan tempat ketiga BUMDes Cahaya Makmur, Sulawesi Tengah.

"Alhamdulilah, kita berhasil jadi yang terbaik untuk kategori Rintisan Berkembang. Semua ini berkat dukungan seluruh pihak yang tak bisa disebutkan satu per satu," ungkap Walinagari Sasak, Arman didampingi Hari Prima (Manejer BUMNag Tunas Jaya Sasak).

Dikatakan Hari, BUMNag Tunas Jaya ini berkantor pada rumah toko (ruko) milik nagari berukuran 8x6 meter. Selain menawarkan alat tangkap ikan bagi penduduk sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan, di ruko ini juga menjual barang harian (kelontong), simpan pinjam dan kebutuhan lainnya.

"Ruko ini dioperasionalkan sejak Januari 2016. Saat ini, nelayan kita tak perlu lagi menempuh jarak jauh untuk mendapatkan alat perlengkapan melaut," jelas Hari Prima. Selama ini, nelayan Sasak membeli kebutuhan melaut ke Simpang Ampek, Padang ataupun Sibolga di Sumatra Utara.

Baca juga: Bawaslu Pasbar Tetapkan 34 Peserta Lolos Seleksi Tertulis Calon Panwascam Pilkada 2024

Kini, BUMNag Tunas Jaya Sasak juga merambah ke bisnis lain yakni penyertaan modal usaha balok es, penyediaan bahan bakar dan penyewaan kapal. Sistemnya, dengan menggunakan mekanisme bagi hasil. Targetnya, BUMNag Sasak akan membangun SPBU khusus nelayan atau solar packed dealernelayan (SPDN). (kyo)

Berikut BUMDes atau nagari yang berhasil meraih penghargaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik tahun 2016 sesuai kategori;

1. Kategori Kreatif: BUMDes Karya Jaya Abadi -- Kalimantan Tengah,

2. Kategori Berkembang : BUMDes Mandiri Bersatu -- Lampung, BUMDes Mandala Giri Amertha -- Bali, Kategori Trendy BUMDes Tirta Mandiri Ponggok -- Jawa Tengah,

Baca juga: Bupati dan Wabup Lepas 331 JCH Pasbar, Hamsuardi: Doakan Daerah Kita Terhindar dari Musibah

3. Kategori Eco -- Agriculture : BUMDes Amanah -- Kalimantan Timur,

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: