Bukittinggi Raih The Best Performance di Anugerah Peduli Pariwisata 2016

Senin, 14 November 2016, 09:32 WIB | News | Kota Bukittinggi
Bukittinggi Raih The Best Performance di Anugerah Peduli Pariwisata 2016
Wawako Bukittinggi, H Irwandi bersama jajaran, foto bersama usai meraih terima penghargaan Anugerah Peduli Pariwisata 2016 yang digelar Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sumatera Barat, Kamis (11/12/2016). Bukittinggi menempati ranking pe
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kota Bukittinggi meraih peringkat pertama pada penilaian Anugerah Peduli Pariwisata 2016 yang digelar Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sumatera Barat. Bukittinggi menempati ranking pertama The Best Performance kategori Kawasan Pariwisata Utama Sumbar disusul Kota Padang sebagai peringkat kedua dan Sawahlunto posisi ketiga.

"Peduli Wisata Award merupakan ajang penilaian yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Sumbar terhadap pembangunan kepariwisataan yang dilakukan seluruh kabupaten dan kota sejak 2013 hingga 2016," ungkap Wakil Walikota Bukittinggi usai menerima award itu, Kamis (10/11/2016) malam.

Penghargaan tersebut diserahkan Wagub Sumbar, Nasrul Abit pada malam penganugerahan Peduli Wisata Award 2016 di UPI Convention Center, Padang. Award ini diterima Wakil Walikota Bukittinggi, H Irwandi di dampingi Melfi Abra (Kadisbudpar), Suziyanti (Kabid Kepariwisataan), Almisri (Kabid Kebudayaan), Yulman (Kabag Humas) dan Joharnis (Kasubag Media dan Dokumentasi).

Ada tiga kriteria dalam penilaian, masing-masing the Best Performance yang diperoleh Bukittinggi, The Best Achievement dan the Most Improved. Melfi Abra yang didampingi Kasi Promosi Aprilia Astuti menyebutkan, untuk The Best Performance, aspek penilaiannya meliputi tata pamong, lingkungan pariwisata, ekonomi kreatif, pemasaran pariwisata, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi kreatif.

Baca juga: 1.030 Guru Non PNS Bukittinggi Dibayarkan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Selain itu, indikator penilaian juga meliputi jumlah kunjungan yang ditandai dengan grafik naik, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara, pengembangan infrastruktur serta multiplier effect terhadap perekonomian masyarakat.

"Alhamdulillah, kita meraih terbaik pada pemberian penghargaan peduli pariwisata tahun ini," kata Wakil Walikota, H Irwandi di sela-sela penyerahan piala dan plakat di UPI Convention Centre, Padang.

Keberhasilan itu, menurutnya, bukanlah sesuatu yang instan atau bisa diperoleh serta-merta, melainkan melalui kerja keras dan menuntut kepedulian. Artinya, Pemko selama ini telah memberikan perhatian dan kesungguhan dalam pengembangan pariwisata sebagai sektor andalan dalam ekonomi masyarakat dan pemasukan daerah.

Diraihnya penghargaan Best Performance kategori Kawasan Utama Pariwisata Sumbar itu, menurut Irwandi, hendaklah jadi penyemangat guna meningkatkan hasil-hasil yang dicapai dalam pembenahan dan pengembangan pariwisata Bukittinggi ke depan. Fasilitas kepariwisataan yang sudah dibenahi, hendaklah dipelihara dan dikembangkan terus.

Baca juga: Siswi SMAN 2 Bukittinggi Wakili Sumbar di Ajang Jambore Kreativitas Genre Tingkat Nasional

Citra positif yang sudah terbangun melalui penataan, seperti parkir, diharapkan terus bersinar, sehingga kian membuat pengunjung dan wisatawan betah dan nyaman berada di Kota Jam Gadang. "Semua yang terkait dengan wisatawan, mesti memberikan pelayanan yang baik," ujarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: