Pemko Padang dan PT Telkom Saling Dukung Wujudkan Smart City

Minggu, 31 Mei 2015, 19:23 WIB | News | Kota Padang
Pemko Padang dan PT Telkom Saling Dukung Wujudkan Smart City
Wako Padang, Mahyeldi salam komando dengan Direktur Wholesale & International Service PT Telkom Indonesia, Honesti Basyir di Bandung, Sabtu (30/5/2015) di Bandung, Jawa Barat usai MoU dukungan terwujudnya Smart City di Padang. (Humas Pemko Padang)

VALORAnews - Jadi smart city, sudah suatu keharusan bagi Pemko Padang di tengah kemajuan teknologi informasi (IT) dewasa ini. Pasalnya, penerapan smart city dalam penyelengaraan pemerintahan, akan memudahkan dalam pelaksanaan pembangunan dan penataan administrasi yang terintegrasi.

Implementasi smart city oleh Pemko Padang diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama PT Telkom Indonesia dalam perkembangan layanan teknologi informasi. Penandatanganan dilakukan Walikota Padang H Mahyeldi dengan Direktur Wholesale & International Service PT Telkom Indonesia, Honesti Basyir di Bandung, Sabtu (30/5/2015).

Menurut Mahyeldi, saat ini Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemko Padang sudah banyak menggunakan sistem pemanfaatan IT. SKPD itu antara lain, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Dinas Pengelola Keuangan dan Aset sertya Dinas Dukcapil.

Akan tetapi pemanfaatan IT itu masih belum terkoneksi dan terintegrasi. "Dengan adanya MoU ini nantinya Padang menjadi kota cerdas, penuh inovasi dan menggunakan teknologi dalam banyak hal," sebut Mahyeldi. (Baca: Inilah 6 Unsur Smart City yang akan Diwujudkan di Padang)

Baca juga: Festival Budaya Marandang Minangkabau 2024, Gubernur: Jangan Hanya Tahu Lezat, Tak Tahu Membuatnya

Hal ini sejalan dengan komitmen yang telah terbangun antar SKPD di lingkup Pemko Padang. Setiap pegawai mesti mampu bergerak cepat, tidak boleh berlambat-lambat ataupun menghambat. "Lewat MoU ini, semoga cepat terlaksana sehingga harapan masyarakat cepat kita penuhi," tambah Mahyeldi.

Wako mengakui, selama ini telah terjadi komunikasi dan kerjasama antara Pemko Padang dengan Telkom. Lewat kerjasama ini membuat Pemko Padang susah untuk pindah ke provider lain. "Kami susah ke lain hati. Hemat kami, Telkom punya kelebihan banyak hal," terang Mahyeldi.

Diceritakan Wako, terjadinya kesepakatan 'Smart City' ini berkat komunikasi yang baik dengan Wako Bandung, Ridwan Kamil. Wako Bandung ini telah membuka komunikasi luar biasa dengan Kota Padang.

"Padang cukup spesial saat Ridwan Kamil mempersilahkan Kota Padang menggunakan server smart city milik Kota Bandung. Momen ini kita manfaatkan betul," ujar Mahyeldi. (Baca: MoU Smart City Kota Padang, Honesti: Iringi dengan Action Nyata)

Baca juga: Ketua DPRD Padang 2024-2029 Diemban Muharlion, Wakil Ketua Dijabat Mastilizal Aye, Osman Ayub dan Jupri

Saat ini antar kabupaten/kota di Indonesia telah terbangun semangat kolaborasi. Bukan lagi semangat kompetisi dalam arti sempit, sehingga semua daerah di Indonesia lebih maju. "Telkom telah ikut membantu kolaborasi itu," kata Mahyeldi.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: