Babinsa Pauh Bimbing Petani Gunakan Mesin Penanam Padi

Jumat, 04 November 2016, 22:54 WIB | News | Kota Padang
Babinsa Pauh Bimbing Petani Gunakan Mesin Penanam Padi
Babinsa Pauh, Serda Muklis membimbing petani setempat dalam pengunaan rice transplanter di sawah mereka. Penggunaan alat mekanisasi pertanian ini membantu penyelesaian proses bersawah secara lebih cepat. (penrem)

VALORAnews - Dandim 0312/Padang, Letkol (Inf) Efran Herryanto terus mengerahkan anggotanya terutama Babinsa, baik yang di Makodim maupun yang Koramil se-jajaran Kodim 0312/Padang, terus mewujudkan upaya peningkatan swasembada pangan dan pencapaian upaya khusus (Upsus) secara serius.

Seperti halnya yang dilakukan anggota Babinsa Koramil 05/Pauh, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Serda Muklis yang melaksanakan pendampingan petani melaksanakan penanaman padi dengan menggunakan mesin tanam (rice transplanter).

Penggunaan mesin tanam ini selain cepat, juga praktis sehingga mesin ini sangat banyak membantu petani. Karena, penggunaan peralatan mesin pertanian ini sangat efisien dan dengan waktu yang singkat dapat menyelesaikan atau menanam dengan jumlah yang luas," ungkap Serda Muklis, Jumat (4/11/2016).

Berkaitan dengan itu, Babinsa harus selalu proaktif melaksanakan pendampingan ke petani. Mulai dari pengolahan lahan, masa tanam, perawatan, pemupukan, pengairan sampai masa panen tiba. Juga mendapingi petani untuk belajar menggunakan alat-alat pertanian, sehingga petani tersebut dapat menggunakan secara benar.

Baca juga: Pindah Partai di Pemilu 2024, Dua Anggota PAW DPRD Padang dari Partai Berkarya Dilantik

"Ini akan mempermudah Pemko Padang untuk dapat mencapai target swasembada pangan 2017, yang tidak lepas dari peran aktif Babinsa untuk mendampingi petani dengan selalu memberikan motivasi dan dorongan kepada petani di daerah binaanya," tegas Letkol Efran. (rls/kyo)

Baca juga: Mendagri Tunjuk Andree Harmadi Algamar jadi Pj Wali Kota Padang, Ini Empat Larangan yang Tak Boleh Dilanggar

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: