Dishutbun dan Siswa SMAN 1 Palembayan Tanam 250 Bibit Buah-buahan

Selasa, 11 Oktober 2016, 09:12 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Dishutbun dan Siswa SMAN 1 Palembayan Tanam 250 Bibit Buah-buahan
Kepala Dishutbun Agam, Yulnasri bersama siswa dan majelis guru SMAN 1 Palembayan, meninjau kebun cabai milik warga sekitar sekolah itu, Senin (10/10/2016). Di kesempatan itu, juga dilakukan gerakan menanam 250 bibit buah-buah dan kayu-kayuan di lingkungan
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Agam, menyerahkan 250 batang bibit buah-buahan dan kayu-kayuan pada SMAN 1 Palembayan, usai pelaksanaan upacara bendera di SMA itu sekaligus selaku inspektur upacara, Senin (10/10/2016).

Kepala Dishutbun Agam, Yulnasri mengatakan, bibit yang diserahkan itu berupa coklat, cengkeh, pala, pokat dan mahoni. Semuanya langsung ditanam di perkebunan milik sekolah tersebut bersama siswa.

"Pada saat penanaman berlangsung, pihak sekolah minta tambahan bibit dan kita telah menyuruh pihak sekolah langsung menjemputnya ke Dishutbun. Sebab bibit sudah tersedia," katanya.

Bibit yang tersedia berupa jengkol, petai, mahoni, bayua, madang, kelapa sawit, kakao, kopi arabika, cengkeh dan pala.

Baca juga: Dinas PU Agam Sisip 100 Bibit Rambutan

Yulnasri mengatakan, bibit ini diserahkan ke sekolah untuk mengajarkan siswa dengan gemar menanam yang juga jadi program unggulan Kabupaten Agam yaitu Agam Menyemai yang dicanangkan Bupati Agam Indra Catri.

"Dengan gemar menanam ini banyak manfaatnya, selain menambah penghasilan, juga menjadi pencegah terjadinya bencana alam seperti longsong, apalagi penanaman ini dilakukan dilereng perbukitan," terang Yulnasri.

Ia mengharapkan, sekolah yang ada di Kabupaten Agam juga melakukan gerakan-gerakan seperti itu, supaya siswa terbiasa dengan menanam dan bagaimana menjaga tanaman itu sendiri, sehingga siswa juga bisa membiasakan diri untuk menanam di perkarangannya masing-masing.

Di samping itu, Bupati Agam Indra Catri juga mengharapkan, sekolah bisa menciptakan gizi dimana-mana dengan melakukan gerakan masal yaitu Agam Menyemai dengan melibatkan siswa dan seluruh lapisan masyarakat. (rls/jal)

Baca juga: Produksi Jagung Agam Naik 36 Persen

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: